SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hipnotis


Ikhwan (Citeureup Bogor)
6 years ago

Assalamu'alaikum,
Ustadz, Ana mau tanya hukum hipnotis, dan bagaimana dengan acara hipnotis yg ada dalam tayangan TV?
Jazakumullah.
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa pernah ditanya:
Apakah hukum Islam terkait hipnotis yang dapat memberi kemampuan bagi penghipnotis untuk memerintah objek, menguasainya, memintanya untuk meninggalkan perbuatan yang diharamkan, atau bisa menyembuhkan penyakit saraf, atau melakukan perintah dari penghipnotis?

Mereka menjawab:
Hipnotis merupakan bagian dari perdukunan dengan meminta bantuan jin. Penghipnotis menjadikan jin menguasai objek, jin itu berbicara dengan perantara lisan objek, memberinya kekuatan untuk melakukan sesuatu jika itu sesuai dengan keinginan pelaku hipnotis. Jin ini taat terhadap pelaku hipnotis, dengan imbalan persembahan penghipnotis kepada jin. Jin itu menjadikan objek hipnotis tunduk kepada penghipnotis dalam segala perbuatan dan informasi bila jin tersebut setia terhadap penghipnotis. Oleh karena itu, menggunakan hipnotis dan menjadikannya cara atau sarana untuk mengetahui tempat kejadian pencurian, atau mencari barang hilang, atau mengobati penyakit, atau melakukan apa saja dengan sarana pelaku hipnotis adalah tidak boleh. Bahkan perbuatan ini adalah syirik sebagaimana sudah diterangkan di atas. Ini juga karena perbuatan ini meminta pertolongan kepada selain Allah dengan menggunakan cara yang tidak biasa, yang telah Allah ciptakan bagi makhluk-Nya, dan melalui cara-cara yang telah diperbolehkan-Nya. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 1/591, 593-594 fatwa no.1779

Terkait adanya keterangan dari sebagian orang bahwa ada hipnotis yang hanya memanfaatkan alam bawah sadar manusia dan hanya menggunakan sugesti yang dimasukkan ke bagian otak tertentu serta hipnotis itu tidak menggunakan jin maka kami tidak bisa berkomentar dalam masalah ini mengingat hal ini perlu penelitian lebih dalam dari para ahli yang memang berkompeten dan bisa dipercaya.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com