SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berjualan di Musholah


Akhwat (Jakarta)
6 years ago

Assalamualaikum Ustadz,

Bolehkah seseorang melakukan transaksi jual beli di musholah? karena ana pernah mendengar tidak boleh bila di masjid apakah berlaku juga di musholah ?

Syukron
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Musholla memiliki beberapa penafsiran yang tidak sama. Apabila yang Anda maksud dengan musholla adalah tempat shalat sementara dan bukan tanah+bangunan yang diwakafkan untuk shalat berjama'ah 5 waktu di dalamnya maka musholla yang demikian tidaklah termasuk masjid sehingga boleh berjual-beli di dalamnya.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa menerangkan definisi masjid:

Apa yang dibangun oleh kaum muslimin demi pelaksanaan shalat lima waktu secara berjama'ah. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 6/222 pertanyaan pertama dari fatwa no.1319

Syaikh Ibnu Baz menerangkan:
Mushalla (yang bukan masjid.pent) tidak terikat dengan hukum masjid, oleh karena itu tidak disyariatkan melaksanakan dua raka'at ketika memasukinya dan diperbolehkan melakukan jual-beli di dalamnya karena itu adalah tempat shalat kala dibutuhkan saja dan itu bukan masjid.
Masjid adalah apa (yang diwakafkan) yang dibangun untuk pelaksanaan shalat di dalamnya sebagaimana masjid-masjid yang lain.

Adapun Musholla (tempat shalat) sementara yang dipergunakan untuk shalat oleh jama'ah departemen atau jama'ah yang singgah dalam waktu tertentu kemudian mereka kembali melanjutkan perjalanan maka ini tidak dinamakan masjid. Fatawa Nur Ala ad-Darbi 11/293

Apabila yang Anda maksud dengan kata mushalla adalah: tanah+bangunan yang memang diwakafkan untuk pelaksanaan shalat jama'ah lima waktu (meski tidak dilaksanakan shalat jum'at di dalamnya) maka ini termasuk masjid yang seseorang tidak boleh melakukan jual-beli di dalamnya.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com