SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tafsir Al-Quran Al-Maidah:12


Ikhwan (Lampung)
6 years ago

Assalamu Alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
1. Mohon penjelasan tentang tafsir Al-Qur'an Surat Al-Maidah ayat 12,
Apakah benar penafsiran orang syi'ah bahwa yang dimaksud pemimpin/imam yg 12 itu adalah yg mereka yakini (mulai dari Ali ra s.d imam mahdi af)
2. Mohon penjelasan tentang tafsir al-qur'an yang diyakini oleh orang syiah bahwa pada hari kebangkitan setiap orang akan dikumpulkan bersama dengan pemimpinnya dan yg akan memberikan catatan amalnya adalah pemimpinnya yg mereka yakini adalah imam mahdi.
siapakah pemimpin yg dimaksud sesuai pemahaman ulama salaf sebagaimana dimaksud dalam al-Quran.

Demikian pertanyaankami, atas jawaban ustas kami sampaikan jazakumullahu kahiran katsira.
(muh. yusuf muis)
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

1. Surat al-Maidah ayat 12 berbunyi:

وَلَقَدْ أَخَذَ اللَّهُ مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَبَعَثْنَا مِنْهُمُ اثْنَيْ عَشَرَ نَقِيبًا وَقَالَ اللَّهُ إِنِّي مَعَكُمْ لَئِنْ أَقَمْتُمُ الصَّلاةَ وَآتَيْتُمُ الزَّكَاةَ وَآمَنْتُمْ بِرُسُلِي وَعَزَّرْتُمُوهُمْ وَأَقْرَضْتُمُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا لأكَفِّرَنَّ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَلأدْخِلَنَّكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ فَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَلِكَ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاءَ السَّبِيلِ

Dan Sesungguhnya Allah telah mengambil Perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka 12 orang pemimpin dan Allah berfirman: "Sesungguhnya aku beserta kalian, Sesungguhnya jika kalian mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada Rasul-Rasul-Ku dan kalian bantu mereka dan kalian pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya aku akan menutupi dosa-dosa kalian. dan Sesungguhnya kalian akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka Barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, Sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.

Ayat ini dhahirnya merupakan cerita masa lalu terkait 12 pemimpin bani Israil. Oleh karena itu bila rafidhah berdalih hanya dengan ayat ini untuk menetapkan kedua belas imam mereka maka pendalihan ini tidaklah tepat.

2. Mungkin mereka berdalih dengan firman Allah ta'ala di surat al-Isra' ayat 71:

يَوْمَ نَدْعُو كُلَّ أُنَاسٍ بِإِمَامِهِمْ فَمَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ فَأُولَئِكَ يَقْرَءُونَ كِتَابَهُمْ وَلا يُظْلَمُونَ فَتِيلا

(ingatlah) suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya; dan Barangsiapa yang diberikan kitab amalannya di tangan kanannya Maka mereka ini akan membaca kitabnya itu, dan mereka tidak dianiaya sedikitpun.

Al-Wahidi, salah seorang ahli tafsir menulis:
Dan firmannya:

{بِإِمَامِهِمْ}

Dengan imam mereka. Mujahid dan Qatadah berkata: Yakni Nabi mereka. Dengan begitu bisa dimaknai: Pada hari kiamat akan ada panggilan yang berbunyi:
Hadirkanlah pengikut Ibrahim. Hadirkanlah pengikut Musa dan Isa, Hadirkanlah pengikut Muhammad semoga Keselamatan atas mereka. Maka berdirilah orang-orang yang baik yang mengikuti para Nabi kemudian mereka mengambil kitab amalan masing-masing dengan tangan kanan mereka.

Kemudian ada panggilan lain:
Hadirkanlah pengikut setan, hadirkanlah pengikut pemuka yang sesat. At-Tafsir Al-Wasith oleh al-Waahidi 3/118

Terkait ayat di atas Ibnu Jarir ath-Thabari menerangkan: Pendapat yang paling utama menurut kami adalah: Kami memanggil semua manusia bersama pemimpin yang mereka ikuti dan yang mereka jadikan panutan di dunia. Tafsir ath-Thabari tahqiq Ahmad Syakir 17/503

Ini adalah pendapat yang dikuatkan oleh Ibnu Jarir. Beliau dalam tafsirnya juga menyebutkan adanya pendapat bahwa yang dimaksud pemimpin adalah kitab-kitab mereka atau amalan-amalan mereka.

Dua Ulama' ahli tafsir di atas tidak menyinggung sedikitpun penafsiran "pemimpin" dalam ayat 71 dengan imam mahdi kelompok rafidhah. Kemungkinan besar penafsiran-penafsiran yang disebarkan oleh rafidhah adalah penafsiran ayat versi ulama' rafidhah.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com