SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Nanya arti nama


Ikhwan
9 years ago

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَيْتُنِيْ دَخَلْتُ الْجَنَّةَ فَإِذَا أَنَا بِالرُّمَيْصَاءِ امْرَأَةِ أَبِيْ طَلْحَةَ

Dari Jabir, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ketika aku masuk jannah, tiba-tiba aku melihat di sana ada Rumaisha’, istri Abu Thalhah.” (HR. Al-Bukhari).

وَعَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ دَخَلْتُ الْجَنَّةَ فَسَمِعْتُ خَشْفَةً فَقُلْتُ مَنْ هَذَا قَالُوْا هَذِهِ الْغُمَيْصَاءُ بِنْتُ مِلْحَانِ أُمُّ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ

Dalam hadits Anas dikatakan, bahwa ketika masuk jannah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendengar suara terompah seseorang. “Suara siapa ini?” tanya beliau. Kata para malaikat, “Itu suara Ghumaisha’ binti Milhan, ibunda Anas bin Malik.” (HR. Muslim).
Dalam dua hadist di atas disebutkan bahwa ummu sulaim radhiyallahu'anha berada di surga, yang saya tanyakan dalam penyebutan ummu sulaim radhiyallahu'anha, disebutkan dengan nama ar rumaisha dan al ghumaisha, apakah kedua nama itu memiliki arti khusus?
jazakumullahu khairan katsira
Redaksi SalamDakwah
9 years ago

رميصاء adalah julukan untuk Ummu Sulaim binti Milhan, ibunda dari sahabat Anas bin Malik. Ummu Sulaim dijuliki Rumaisha karena keberadaan kotoran matanya.
Kata diatas berasal dariرمص yang secara bahasa adalah kotoran mata berwarna putih yang padat yang berada di saluran air mata. (lih. Komentar Musthafa Al-Bagha di Shahih Bukhari juz.5 hal.10).

Sedangkan غميصاء juga merupakan julukan untuk Ummu Sulaim, ditilik secara bahasa, kata ini berasal dari غمص yang artinya kotoran mata, jadi رميصاء dan غميصاء artinya berdekatan. (lih. Syarh Muhammad Fuad Abdul Baqi di kitab Shahih Muslim juz.4 hal.1908)

Wallahu a’lam

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com