SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berlomba-Lomba Menghiasi Masjid dan Mushaf


Ikhwan (Citeureup Bogor)
6 years ago

Assalamu'alaikum,
Ustadz, Ana pernah membaca Hadist tentang tanda-tanda akhir zaman yg artinya kurang lebih : " Jika kalian mempercantik Masjid-masjid kalian, dan menghiasi Mushaf-mushaf kalian, kehancuran atas kalian."
yg Ana tanyakan apakah maksud mempercantik Masjid dan menghias Mushaf itu hukumnya haram dan tidak boleh dilakukan sehingga akan mendapat kehancuran?
Syukron
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Menghias dan mendekor masjid hingga keluar dari tujuan pembangunan masjid adalah hal yang dilarang. Dalam salah satu riwayat disebutkan:

إِذَا حَلَّيْتُمْ مَصَاحِفَكُمْ، وَزَوَّقْتُمْ مَسَاجِدَكُمْ، فَالدَّمَارُ عَلَيْكُمْ

Apabila kalian menghias mushaf-mushaf kalian dan kalian hias juga masjid-masjid kalian maka kehancuran di atas kalian. HR. Ibnu Abi Syaibah di mushannafnya 2/262 dan yang lainnya. Dihasankan oleh al-Albani di shahih al-Jaami' ash-Shaghir 1/162

Imam Bukhari dalam kitab shahihnya pernah meriwayatkan secara muallaq perkataan Umar bin Khattab:

أَكِنَّ النَّاسَ مِنَ المَطَرِ، وَإِيَّاكَ أَنْ تُحَمِّرَ أَوْ تُصَفِّرَ فَتَفْتِنَ النَّاسَ

Lindungilah orang-orang dari hujan (dengan membuat atap.pent) dan janganlah kamu mewarnai dengan merah atau kuning sehinga kamu mengganggu orang.(diriwayatkan oleh imam Al-Bukhory secara muallaq pada bab Bunyaanul Masjid 1/96 ).

Penggunaan harta wakaf untuk menghias masjid secara berlebihan adalah haram. Dari hadits di atas juga bisa difahami bahwa menghiasi mushaf juga menyelisihi sunnah Rasul shallallahu alaihi wa sallam.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com