SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pahala Orang Yang Pergi Ke Masjid Dengan Menggunaka kendaraann? Shalat Qabliah di Rumah?


Ikhwan (Bekasi - Pondok Melati - Jatimelati - Puri Gading)
6 years ago

Assamualikum Ustat. Mohon di berikan faedah sbb.

1. pelaksanaan solat qobeliah dikerjaan dirumah pas adan di kumandangkan bagaimana hukumnya. krn kalau selesesai menunggu adan saya ketinggalan solat subuhnya.
2. Sunah datang ke masjid jalan kaki. Bagaimana pahala kalau naik sepeda atau sepeda motor atau mobil
3. Ada beberapa majid disekitar rumah saya . Sebaiknya saya yang subuh pakai qunut atau yang tidak pakai qunut.
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Jawaban Pertama:
Apabila shalat qabliah tersebut dilaksanakan saat waktu shalat yang disertai sudah masuk maka tidak apa-apa.

Syaikh Ibnu Baz pernah ditanya:
Saya memasuki masjid pada waktu shubuh kemudian saya melaksanakan shalat dua raka'at. Ketika saya berdiri pada raka'at kedua muadzdzin mengumandangkan adzan shubuh padahal tadi saya berniat melaksanakan shalat sunnah shubuh (ketika saya keluar rumah terdengar adzan dari beberapa masjid).
Ketika saya selesai shalat saya duduk sambil membaca al-Qur'an kemudian seseorang di samping saya berkata: Ulangilah shalat sunnah shubuh. Aku menjawab: Saya telah melaksanakannya. Dia menimpali: Itu tidak boleh karena Anda melaksanakan shalat saat muadzdzin mengumandangkan adzan. Kami harap Anda memberikan kami ilmu?

Beliau menjawab:
Apabila muadzdzin yang mengumandangkan adzan saat Anda melaksanakan shalat sunnah shubuh mengakhirkan adzannya dan perbuatan Anda terjadi setelah terbit fajar maka Anda telah melaksanakan (shalat) sunnah tersebut. Itu sudah cukup dan Anda tidak perlu mengulanginya.

Adapun bila Anda ragu apakah muadzdzin tersebut mengumandangkan adzannya setelah Shubuh atau saat terbit fajar maka untuk lebih hati-hati dan lebih utamanya Anda mengulangi dua raka'at sehingga dipastikan Anda melaksanakannya setelah terbit fajar. Majmu' Fatawa Ibnu Baz 11/369-370

2. Masalah ini telah berlalu pembahasannya. Silahkan buka http://www.salamdakwah.com/m/baca-pertanyaan/shalat-jama-ah-memakai-kendaraan.html

3. Silahkan berjama'ah di masjid yang tidak memakai qunut.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com