SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hadits Mencabut Uban


Ikhwan (lenteng agung, jakarta selatan.)
8 years ago

assalamu'alaykum ustadz, barokallahu fiik,
afwan ana bertanya tentang derat dari hadits yang mungkin sudah banyak menyebar di masyarakat tentang uban (rambut yang memutih). saya sering mendengar bahwa perbuatan mencabut uban adalah perkara yang dilarang oleh Nabi shalallahu 'alaihi wasallam, Rosulullah saw bersabda, “Sesungguhnya uban adalah cahaya islam”.
Rosulullah saw bersabda, “Janganlah engkau mencabuti uban. Tidaklah seorang muslim beruban dalam islam, melainkan dia akan mempunyai cahaya, kelak pada hari kiamat”. apakah hadist tersebut benar adanya ustadz, siapa perawinya dan bagaimana kedudukannya ustadz. mohon bimbingannya ustad. barokallahu fiik ustadz.
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah memberikan arahan dalam masalah mencabut uban. Dalam salah satu riwayat disebutkan:

عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ، مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَشِيبُ شَيْبَةً فِي الْإِسْلَامِ - قَالَ عَنْ سُفْيَانَ: «إِلَّا كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ» ، وَقَالَ فِي حَدِيثِ يَحْيَى - إِلَّا كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِهَا حَسَنَةً، وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً "

Dari Amru bin Syu'aib dari Bapaknya dari Kakeknya ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian mencabut uban, tidaklah seorang muslim tumbuh uban padanya dalam Islam -disebutkan oleh Sufyan dalam riwayatnya- "Kecuali ia akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat." Dalam riwayat lain (oleh Yahya) disebutkan, "Kecuali dengannya Allah akan menuliskan satu kebaikan dan dihapuskan darinya satu dosa.". HR. Abu Daud no.4202. Al-Albani mengatakan hadits ini hasan shahih

Dalam riwayat lain disebutkan:

قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «مَنْ شَابَ شَيْبَةً فِي الإِسْلَامِ كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ القِيَامَةِ»

Berkata Ka'b bin Murroh: Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa tumbuh satu uban dalam Islam, maka uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat. HR. Tirmidzi no.1634 dan Nasai no.3144. Dishahihkan oleh al-Albani
© 2022 - Www.SalamDakwah.Com