SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Musafir Yang Belum Shalat Dhuhur Sedangkan Imam Shalat Ashar


Ikhwan (kaltim)
7 years ago

assalamu'alaikum.
ustadz suatu saat kita datang ke suatu tempat dan kita akan melakukan sholat jama' taqdim dengan bermakmum dg imam yang sedang sholat ashar sedangkan kita belum sholat dhuhur. bagaimana kaifiyah pelaksanaan sholat jama' taqdim yang akan kita lakukan apakah kita bermakmum dengan imam yang sholat ashar tp kita niat untuk sholat dhuhur. atau kita sholat dhuhur sendiri dulu baru kemudian sholat ashar bersama imam yg sholat ashar (bila ada waktu untuk mengejar ketinggalan dgn imama yg saat itu sholat ashar?
mengingat hadits bahwa sholat adalah ibadah yang diatur waktunya. jazaakalohu khoiron.
wassalamu'alaikum wr wb
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Mungkin maksud Anda adalah jamak ta'khir karena Anda mengakhirkan shalat Dhuhur dan menjamaknya dengan ashar di waktu shalat ashar. Shalatlah bersama imam tersebut dengan niat melaksanakan shalat Dhuhur. Apabila itu telah dilaksanakan maka silahkan melaksanakan shalat Ashar.

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa pernah ditanya:
Bagaimana bentuk shalat musafir yang shahih? Apa yang diperbuat jika ia mendapati shalat jama'ah ashar sedangkan ia belum melaksanakan shalat dhuhur?

Mereka menjawab:
Shalatnya musafir sama dengan shalatnya orang yang muqim, tapi disunnahkan baginya untuk mengqashar shalat yang empat raka'at menjadi dua raka'at. Boleh juga baginya untuk menjamak jika itu diperlukan dan ia sedang dalam perjalanan.

Adapun musafir yang belum shalat Dhuhur dan ia mendapati jama'ah shalat ashar maka ia melaksanakan shalat bersama imam dengan niat Dhuhur (menurut pendapat yang benar), perbedaan niat dengan imam di sini tidaklah bermasalah. Apabila dia sudah selesai melaksanakan shalat Dhuhur tersebut maka ia melaksanakan shalat ashar secara berjama'ah jika bisa (misalnya dengan melaksanakannya bersama musafir lainnya.pent), akan tetapi bila tidak bisa maka ia melaksanakannya sendirian. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 6/444-445 pertanyaan ketiga dari fatwa no.17164

وصلى الله على نبيننا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com