SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hewan Peliharaan Mati


Akhwat (Jakarta)
6 years ago

Assalamualaikum ustadz,

Ana ingin memelihara burung dalam sangkar, apakah bila dalam peliharaan burung itu kemudian mati, apakah kita berdosa? walaupun dalam pemliharaan ana sudah berusaha untuk memenuhi kebutuhan makannya?

Syukron
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Apabila seseorang memelihara burung dalam sangkar dan mengurus burung tersebut dengan baik, akan tetapi qaddaralahu burung tersebut mati maka orang yang memelihara ini tidak berdosa, sebab ia sudah berusaha sebaik-baiknya untuk mengurusi burung itu.

Apabila seseorang mengurung burung atau mengikat hewan, kemudian ia sengaja membiarkannya tanpa diberi apa yang dibutuhkan oleh hewan tersebut maka ia berdosa dan diancam dengan api neraka. Dalam salah satu hadits disebutkan:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «دَخَلَتِ امْرَأَةٌ النَّارَ فِي هِرَّةٍ رَبَطَتْهَا، فَلَمْ تُطْعِمْهَا، وَلَمْ تَدَعْهَا تَأْكُلُ مِنْ خَشَاشِ الأَرْضِ»

Dari Ibnu 'Umar radliallahu 'anhuma dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam Beliau bersabda: "Ada seorang wanita masuk neraka disebabkan mengikat seekor kucing. Dia tidak memberinya makan dan tidak pula melepaskannya agar dapat memakan serangga tanah. HR. Bukhari no.3318 dan Muslim no.2619

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com