SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bagaimana Bila Suami Enggan Menafkahi


Akhwat (kendari sultra)
6 years ago

ass wr wb sy seorang istri
dri awal pernikahan sy orang tua tidak setuju krn selain mslh materi jarak jga jauh sy asli orang jawa sdgkn suami sy orang kendari.
selma ini sy bertahan demi kluarga kecil q krna yg sy tau menurut agama suami adalah no satu yg harus qt ikuti langkah x.....
skrang suami sy sdh tdk menafkahi sy krn dy tidak bekerja ,
dia jarang pulang sy pun tdk tau ap sbb x dia lbh memilih tinggal di rumah orang tuax dr pd sm sy?
orng tuapun sllu mndesak sy untuk bercerai dr suami ap lg mrek atau bahwa suami sy tdk bkerja jln ap yg hrus z pilih hruskah z menuruti orang tua untuk pisah atau sy bertahan dengan keadaan ekonomi yg pincang ?
krna sy rasa suami tdk pernah mendengr kn saran dan dy hanya menggandalkan ke uanganq bkn kah haram hukumx se orang suami yg lepas tanggug jawab ataupun tdk keluar kringat x untuk mencari nafkah ???????
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Seorang suami wajib untuk menafkahi istrinya, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وَلَكُمْ عَلَيْهِنَّ أَنْ لَا يُوطِئْنَ فُرُشَكُمْ أَحَدًا تَكْرَهُونَهُ، فَإِنْ فَعَلْنَ ذَلِكَ فَاضْرِبُوهُنَّ ضَرْبًا غَيْرَ مُبَرِّحٍ، وَلَهُنَّ عَلَيْكُمْ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ،

Kalian memiliki hak atas mereka (para istri), yaitu supaya mereka tidak membolehkan seorang pun yang tidak kalian sukai menduduki kasur kalian. Jika mereka melanggar, pukullah mereka dengan cara yang tidak membahayakan. Sebaliknya mereka punya hak atasmu. Yaitu nafkah dan pakaian yang pantas. HR. Muslim no. 1218

Apabila seorang suami tidak menafkahi istrinya dengan sengaja maka istri diberi pilihan antara bersabar atau meminta berpisah. Ibnu Quddamah menerangkan:
Sesungguhnya seorang laki-laki bila tidak menafkahi istrinya karena keadaannya yang susah dan tidak memiliki sesuatu untuk diberikan kepada istrinya sebagai nafkah maka istri tersebut diberi pilihan antara tetap bersabar atau berpisah darinya. Al-Mughni 8/204

Sebaiknya Anda menasehati suami Anda tentang kewajiban dan tanggung jawabnya, apabila dia sadar maka alhamdulillah, apabila ia tetap tidak merubah perilakunya maka Anda berhak membawa masalah ini ke pengadilan yang mengurusi perkawinan.

Apabila pengadilan melihat maslahat yang besar terdapat pada perpisahan maka mereka akan memaksa suami Anda untuk mentalaq Anda, apabila ia menolak maka pengadilan akan memisahkan dan menguraikan jalinan pernikahan Anda.

Semoga Allah ta'ala mengkaruniakan yang terbaik kepada Anda dan keluarga.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com