SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum Mengusap Muka dan Bersalaman Sehabis Shalat


Ikhwan (Citeureup Bogor)
6 years ago

Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh,
Ustadz ana mau tanya seputar :
1. hukum bagi orang yang mengusap wajah sehabis shalat
2. hukum bagi orang yang bersalaman sehabis shalat
adakah dalil dan contoh dari Rasulullah dan para sahabatnya?
Terimakasih, wassalamualykum warahmatullahi wabarakatuh.
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

1. Mengusap wajah setelah salam tidaklah disyariatkan. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa pernah ditanya:
Apakah disunnahkan mengusap wajah setelah salam?

Mereka menjawab:
Itu tidaklah disunnahkan, dan kami tidak mengetahui riwayat demikian dari Nabi shallallahu alaihi wa salam baik itu berbentuk ucapan atau perbuatan. Ini juga tidak dikenal di kalangan para sahabatnya (sepanjang pengetahuan kami) radhiyallahu anhum. Semua kebaikan ada dalam al-Ittiba' (mengikuti salaf.pent)) dan keburukan ada dalam al-Ibtida' (membuat perkara baru dalam Islam.pent). Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 7/72 no.5779


2. Terkait masalah bersalaman setelah shalat, Secara asalnya disunnahkan bersalaman ketika seorang muslim bertemu satu sama lain, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيًانِ، فَيَتَصَافَحَانِ إلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا»

“Tidaklah dua orang muslim bertemu, lalu keduanya berjabatan tangan, kecuali akan diampuni keduanya sebelum berpisah”. HR. Abu Daud no.5212 dan Tirmidzi no.2727 dan Ibnu Majah no.3703. Dishahihkan oleh al-Albani

Jika seseorang yang sebelum shalat belum bersalaman dengan muslim yang lain kemudian dia bersalaman setelah shalat maka itu tidak apa, adapun dengan sengaja terus menerus menjadikan salaman setelah shalat sebagai kebiasaan dan termasuk agama maka itu tidak ada dalilnya (lih. Majmu’ Fatawa Ibnu Baz juz.11 hal.200)

Kalau ada seseorang yang menjulurkan tangan ke anda untuk salaman setelah shalat maka anda sambut sambil menjelaskan bahwa kebiasaan ini tidak disyariatkan (lih Al-Qaul Al-Mubin Fi Akhta’ Al-Mushallin oleh syaikh Masyhur bin Hasan hal.296)

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com