SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Islam Itu Apa


Ikhwan
8 years ago

assalamu'alaikum ustadz..mau tnya nih islam itu apa ustadz.
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Ada pertanyaan yang ditujukan kepada Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa: Apakah hakekat Islam itu?

Mereka menjawab:
Hakikat Islam adalah sebagaimana yang terdapat di dalam hadits Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam ketika Beliau menjawab pertanyaan malaikat Jibril `Alaihissalam tentang Islam, beliau menjawab:

«الْإِسْلَامُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَتُقِيمَ الصَّلَاةَ، وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ، وَتَصُومَ رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ الْبَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيلًا»

Islam adalah engkau bersaksi bahwasannya tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, dan Engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan pergi haji jika mampu.

Termasuk dalam hakekat Islam adalah beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, hari akhir, dan beriman kepada takdir yang baik dan buruk. Demikian juga termasuk di dalamnya; Ihsan, yaitu

أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah kamu melihat-Nya. Jika kamu tidak melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihatmu. Karena jika kata Islam disebutkan secara mutlak maka artinya mencakup perkara-perkara ini, berdasarkan firman Allah Ta'ala:

{إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ}

Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam

dan hadits Jibril, ketika ia bertanya kepada Rasulullah Shallallahu `Alaihi wa Sallam tentang Islam, iman dan ihsan, lantas beliau menjawabnya seperti yang telah disebutkan di atas, dan menjelaskan bahwa Jibril bertanya tentang perkara-perkara tersebut bertujuan untuk mengajari manusia mengenai agama mereka. Sangat jelas hal ini menunjukkan bahwa makna Islam adalah tunduk (patuh) terhadap perintah-perintah Allah secara lahir batin dan meninggalkan larangan-larangan-Nya secara lahir batin. Inilah Islam yang sempuna.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu `ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 1/83 pertanyaan pertama dari fatwa no.1988

وبالله التوفيق

PERTANYAAN TERKAIT

© 2022 - Www.SalamDakwah.Com