SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Telanjang Bulat


Ikhwan
6 years ago

Assalamualaikum ustadz, apakah setiap muslim dilarang bertelanjang bulat, karena ana pernah membaca bahwa setiap muslim akan selalu bersama para malaikat, dan mereka malu jika kalian bertelanjang bulat.
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kami belum mengetahui adanya larangan seorang untuk telanjang bulat sepanjang waktu, kapanpun dan dimanapun, kami malah mendapati keterangan Ulama' bahwa suami-istri boleh mandi dalam keadaan telanjang bulat sebagaimana disebutkan oleh syaikh Masyhur bin Hasan:
Selama syari'at menghalalkan jima' suami-istri, maka tidak ada aurat yang wajib ditutupi antara suami istri, dahulu Nabi shallallahu alaihi wa sallam mandi dalam keadaan telanjang bersama Aisyah. http://ar.islamway.com/fatwa/30951

Sebagaimana kami juga mendapati keterangan bahwa syaikh Ibnu Baz tidak mengetahui adanya larangan bertelanjang saat berwudhu. Beliau pernah ditanya:
Apakah sah wudhunya seseorang yang telanjang bulat setelah dia mandi dalam satu tempat?

Jawaban beliau:
Saya tidak mengetahui adanya masalah (larangan.pent) seseorang berwudhu dalam keadaan telanjang, setelah dia Mandi besar, jika dia memulai dengan berwudhu sebelum mandi besar maka itu lebih utama berdasarkan perbuatan Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau berwudhu kemudian mandi junub.
Fatawa Nur 'ala Ad-Darb oleh Ibnu Baz 10/101

Kami berharap penanya membawakan dalil atas apa yang penanya sebutkan sehingga kami bisa memperoleh faedah dan ilmu baru bila dalil tersebut bisa dijadikan hujjah, dan kami sangat berterima kasih untuk itu.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com