SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Warisan Untuk Saudara Laki-Laki Yang Sudah Meninggal


Akhwat (lombok)
6 years ago

assalamu'alaikum....apakah ada harta warisan untuk saudara laki-laki yang sudah meninggal? dan dia meninggalkan seorang istri dan belum memiliki anak
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kami belum memahami 100 persen pertanyaan yang disampaikan, meski demikian kami ingin memaparkan contoh kasus yang kami harapkan itu adalah jawaban dari pertanyaan yang dimaksud di sini:

Ahmad memiliki saudara kandung bernama Sofyan, dan Sofyan memiliki istri bernama indah. Apabila Sofyan meninggal pada tanggal 1 Muharram 1434 H.dan Ahmad meninggal pada tanggal 2 Muharram 1434 H maka Sofyan tidak mendapatkan warisan dari Ahmad mengingat termasuk syaratnya mengalirnya warisan adalah hidupnya ahli waris setelah orang yang mewariskan harta meninggal dunia, salah satu Ulama' madzhab Syaf i'i, Zakaria al-Anshari rahimahullah ta'ala menerangkan:
Termasuk syarat pewarisan adalah hidupnya ahli waris setelah kematian orang yang mewariskan. Asna al-Mathalib 3/17

Dan Sofyan sudah meninggal saat saudaranya yang bernama Ahmad meninggal dunia. Adapun Indah maka ia tidak menerima warisan dari Ahmad sebab ia tidak memiliki hubungan tertentu yang menjadikannya termasuk ahli waris Ahmad.

Apabila Ahmad meninggal dunia dan warisan belum dibagi kemudian Sofyan meninggal setelahnya maka Indah mendapatkan sebagian warisan yang sebenarnya merupakan bagian Sofyan dari harta warisan saudaranya yang bernama Ahmad (Ini bila tidak ada ahli waris yang menghalangi saudara mayit untuk memperoleh warisan).

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com