SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Qunut Subuh dan Tatswib


Ikhwan (bogor)
7 years ago

بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّهِ لرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Ustadz mohon penjelasan tentang hukum membaca qunut pd sholat subuh dan lafadz adzan " assholatu khoirumminan'naumm",,,,syukron جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Sebelum kami menjawab pendapat yang rajih dalam dua masalah ini kami ingin menekankan bahwa perbedaan pendapat dalam masalah ini sangat tidak layak untuk dijadikan sumber perpecahan di kalangan ummat apabila memang orang-orang yang berbeda pendapat tersebut sama-sama berpegang dengan dalil yang kuat menurut masing-masing setelah mereka melakukan penelitian dan pembahasan masalah dengan sungguh-sungguh.

Masalah pertama:
Qunut pada shalat subuh secara khusus telah kami bahas dengan singkat di link http://www.salamdakwah.com/m/baca-pertanyaan/doa-qunut-.html dan link http://salamdakwah.com/baca-pertanyaan/masalah-qunut.html

Apabila saat dibuka link tersebut hanya mengantar ke halaman home maka silahkan coba buka lagi.

Masalah kedua:
Lafadz ash-Shalatu khairun mina an-naum di adzan Subuh juga diperdebatkan, dan pendapat yang rajih dalam masalah ini adalah: dikumandangkannya susunan kalimat tersebut di adzan awal Shubuh (sebelum masuk waktu shalat fajar). Imam ash-Shan'ani berkata: Dan dalam riwayat an-Nasai disebutkan: ash-Shalatu khairun min an-naum ada di adzan awal subuh.

Ini merupakan taqyid (pembatas) terhadap riwayat-riwayat yang bentuknya mutlaq. Ibnu Ruslan berkata: Riwayat ini dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, Beliau berkata: at-tatswib (ucapan ash-shalatu khairun Mina an-naum) disyariatkan hanya di adzan pertama fajar, sebab itu untuk membangunkan orang yang tidur, adapun adzan kedua maka itu untuk memberitahukan masuknya waktu shalat dan mengajak orang untuk melaksanakan shalat.

Dan lafadz an-Nasai di kitabnya sunan al-Kubro dari jalur Sufyan dari Abu Ja'far dari Abu Sulaiman dari Abu Mahdzuroh ia berkata: Dahulu aku mengumandangkan adzan untuk Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan aku ucapkan di adzan fajr yang pertama:

حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ، حَيَّ عَلَى الفَلاَحِ؛ الصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ، الصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ

Ibnu Hazm berkata: Sanadnya shahih. Dan dari takhrij az-Zarkasyi terhadap hadits-hadits ar-Rafi'i serta demikian juga di sunan al-Baihaqi al-Kubro dari hadits Abu Mahdzuroh: Dia dahulu melakukan tatswib pada adzan pertama shubuh berdasar perintah Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Aku katakan (imam ash-Shan'ani): berdasarkan hal ini, ash-shalatu khairun Mina an-naum bukanlah termasuk lafadz adzan yang disyariatkan untuk mengajak shalat dan untuk memberitahu masuknya waktu shalat, akan tetapi ini termasuk lafadz yang disyariatkan dikumandangkan untuk membangunkan orang yang tidur. Subulussalam 1/179

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com