SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hadits Malaikat Maut Apakah Shahih


Ikhwan (Jakarta)
6 years ago

Baarakallahu fiikum Ustadz,

Shahih kah hadist dibawah ini.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas r.a, Rasulullah Salallohualaihi Wassalam Bersabda: “Bahwa malaikat maut meperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang menatap wajah seseorang, didapati orang itu ada yang gelak-ketawa. Maka berkata Izrail : Alangkah herannya aku melihat orang ini, sedangkan aku diutus oleh Allah Taala untuk mencabut nyawanya, tetapi dia masih berhura-hura dan bergelak-tawa.”

Jazakumullah khoiron katsiron
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وفيكم بارك الله

Kami belum mendapati kitab hadits yang menyebutkan riwayat tersebut (yang sesuai 100 % dengan yang maknanya dituliskan oleh penanya, kami mendapati riwayat yang sangat mirip dengan riwayat tersebut:

إِنَّ مَلَكَ الْمَوْتِ لَيَنْظُرُ فِي وُجُوهِ الْعِبَادِ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعِينَ نَظْرَةً، فَإِذَا ضَحِكَ الْعَبْدُ بَعَثَ إِلَيْهِ يَقُولُ: يَا عَجَبَاهُ بُعِثْتُ إِلَيْهِ لأَقْبِضَ رُوحَهُ وَهُوَ يَضْحَكُ

Sesungguhnya malaikat maut benar-benar melihat pada wajah-wajah para hamba setiap hari 70 kali. Apabila seorang hamba tertawa, maka ia akan mengutus dan berkata, "Betapa mengherankannya. Aku diutus kepadanya untuk mencabut nyawanya, sedangkan ia malah tertawa.

Kami mendapati riwayat tersebut dimasukkan ke dalam kumpulan hadits-hadits palsu di kitab Tanzih asy-Syariah al-Marfu'ah 'an al-Akhbar asy-Syani'ah al-Maudhu'ah (2/375) yang disusun oleh Ali bin Muhamad al-Kinani yang meninggal pada tahun 963 Hijriah.

Apabila memang benar itu riwayat yang dimaksud maka kita tidak boleh menyebarkannya tanpa menyebutkan kerusakan dan kelemahan riwayat tersebut supaya orang-orang tahu dan tidak tertipu.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com