SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Diantara Kedua Orang Tua Yang Berselisih


Akhwat (Batam)
6 years ago

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu,

Sikap anak harus bagaimana, dikala ibu meminta anaknya untuk menjauhi, tidak komunikasi, dendam bahkan menganggap ayah dari anak anak itu sudah tiada padahal mati hidup. Hal ini di latarbelakangi oleh sakit hati/kemelut orangtua yang berakhir dengan perceraian tetapi menimbulkan permusuhan antara keduanya. Sang ayah hanya milih banyak diam walau terkadang membalas juga cacian mantan istri tetapi sang istri terlalu dan sering menyalahkan mantan suami, sehingga meminta anak-anak yang bersamanya untuk tidak berkomunikasi dengan sang ayah.

Mendurhakai orangtua adalah dosa besar yang kedua. anak harus bagaimana agar terhindar dari dosa besar ini sedangkan sang ibu tidak ridho jika anaknya berkomunikasi dengan sang ayah, sang anak sudah sering ngingatin ibunya bahwa Allah Maha Pemaaf, tetapi kenapa kita tidak bisa memaafkan kesalahan ayah, tetapi sang ibu tetap ngotot " tidak akan aku maafkan ayahmu hingga aku mati " na'uzubillah. Selain itu setengah pintu surga ada di ridho orangtua sedangkan orangtua kami saling menyalahkan, kami harus bagaimana ?

terkadang kami bingung sebagai anak. mungkinkah kami di bagi jadi dua sebagimana Rasulullah mengancam 2 ibu yang sama2 mengaku jika bayi itu anaknya. tentu ini adalah perkara mustahil,ini saya ucapkan kepada ibu hanya untuk mengingatkan saja tetapi tetap saja ibu tidak terbuka hatinya untuk meng-ikhlaskan kami berkomunikasi dengan ayah.

mohon bantuannya Ustadz, kami bingung harus bersikap seperti apa sehingga tidak melukai hati keduanya. (ketahuilah, bahwa jiwa anak broken home itu tergoncang, batinnya menjerit minta keadilan, raganya melemah dg kondisi yg menjepitnya, masa depannya suram, mereka tidak mendapatkan kasih sayang yg seharusnya mereka dapatkan, mereka ingin seperti yg lain, tetapi takdir berkata lain).

Mereka butuh solusi dg menumbuhkan semangat hidup ke depan tanpa beban masalah yg tidak kunjung usai tanpa tekanan yang membuat mereka sesak menghirup O2)

Assalamu'alaikum,

Sukron
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Perintah Ibu tersebut supaya anak-anaknya tidak berkomunikasi dengan ayahnya bukanlah termasuk perintah yang wajib dilaksanakan anak (sebagai bentuk bakti kepada ibunya), sebab perintah itu adalah perintah untuk berbuat dosa, perintah itu mengandung perbuatan memutus tali silaturrahim yang merupakan salah satu bentuk kedurhakaan kepada orang tua sedangkan kedurhakaan kepada orang tua dilarang dalam syariat. Syaikh Utsaimin rahimahullah pernah menerangkan:
Durhaka kepada kedua orang tua adalah: Memutus hak wajib terhadap mereka (Tidak memberikan hak mereka yang wajib dilaksanakan oleh anak.pent), seperti berbuat baik dan menyambung silaturrahim kepada mereka. Atau berbuat buruk kepada keduanya dengan ucapan atau perbuatan. Allah ta'ala berfirman dalam surat al-Isra ayat 23-24':

وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا (٢٣)وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا (٢٤)

23. Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia.

24. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".
Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 20/384

Dengan demikian perintah tersebut tidaklah boleh dilaksanakan oleh anak-anak dari ibu tersebut. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

لَا طَاعَةَ فِي مَعْصِيَةِ اللهِ، إِنَّمَا الطَّاعَةُ فِي الْمَعْرُوفِ

Tidak ada ketaatan dalam rangka bermaksiat kepada Allah ta'ala. Sesungguhnya ketaatan hanya dalam perkara yang ma'ruf. HR. Bukhari no.7257 dan Muslim no.1840 Lafadz hadits di atas adalah lafadz Muslim

Anak-anak itu sekarang hendaknya melakukan pendekatan lebih intensif kepada ibunya dan menunggu waktu yang tepat untuk memberikan masukan kepadanya tentang kewajiban anak untuk berbakti kepada orang tuanya (termasuk kepada bapaknya).

Ketika proses ini berjalan tetaplah mereka berkomunikasi dengan ayah mereka dan berbakti kepadanya dengan cara tertentu sehingga ibunya tidak mengetahui hal ini hingga Allah ta'ala memberikan hidayah kepada ibu mereka.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com