SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Apakah Warisan Dibagikan Jika Masih Ada Ahli Waris Yang Masih Kecil


Akhwat (Bekasi)
7 years ago

Assalamualaikum...

Ustad, apakah warisan wajib dibagikan jika salah satu orang tuanya entah Ayah atau Ibu nya meninggal dunia? bagaimana jika anak anak yang ditinggalkan Ayah atau Ibu nya tersebut masih kecil?
Terimakasih ustad..... semoga Allah memberkahi ustad semua..
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa pernah ditanya:
Apabila seseorang meninggal dalam keadaan memiliki anak dan meninggalkan harta, apakah boleh salah seorang keluarga orang yang meninggal tadi menyimpan harta tersebut hingga sekitar setahun sebelum dibagikan?

Mereka menjawab:
Tidak boleh menyimpan dan menunda pembagiannya kecuali bila ada udzur syar'i. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 16/464 pertanyaan pertama dari fatwa no.8817

Keberadaan ahli waris yang masih kecil bukanlah alasan syar'i penundaan pembagian warisan ke seluruh ahli waris. Seharusnya warisan dibagikan kepada ahli waris yang berhak dan bagian ahli waris yang masih kecil diserahkan kepada orang yang mengurusnya (yang terpercaya).

Menunda pembagian warisan karena menunggu tumbuh besarnya ahli waris yang masih kecil mengandung unsur kedholiman kepada ahli waris yang sudah layak menerima, khususnya mereka yang sedang membutuhkan harta, sebab ketika kita menunda maka kita telah menunda seseorang mengambil haknya. Jadi sebaiknya kita bukan hanya melihat maslahat ahli waris yang masih kecil tapi kita juga harus melihat maslahat ahli waris dewasa.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com