SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Adzan dan Iqamat Bagi Wanita


Ikhwan (Bekasi)
6 years ago

Assalamualaikum warokhmatullahi wabarokhatuh. Afwan ustadz sholatnya kaum wanita yang utama di dalam kamarnya.pertanyaannya apakah setiap hendak mendirikan sholat harus di dahului dengan iqommah? Syukron tadz.
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Para wanita tidaklah disyariatkan untuk mengumandangkan iqamah setiap kali hendak mendirikan shalat. Syaikh Ibnu Baz pernah ditanya:
Apabila saya melaksanakan shalat jama'ah dengan para wanita, dan saya berada di tengah mereka kemudian saya mengumandangkan iqamat, setelah shalat saya berdo'a bersama yang lain dengan suara yang bisa di dengar oleh semua, apakah hal itu bermasalah? Berilah kami maklumat. Jazakumullah khair.

Beliau menjawab:
Mengimami para wanita tersebut adalah dalam rangka mengajari mereka dan supaya mereka mengambil faedah dari gerakan Anda, akan tetapi Anda tidak disyariatkan untuk mengumandangkan iqamat. Shalat tersebut selayaknya tanpa adzan dan iqamat. Cukuplah adzan yang dikumandangkan oleh para lelaki, dan Anda sekalian (para wanita) tidak diwajibkan mengumandangkan iqamat. Apabila Anda berdiri di tengah mereka, Anda melakukan takbiratul ihram dan mereka mengikuti Anda, dan begitu selanjutnya mereka mengikuti Anda....Fatawa Nur ala ad-Darbi 12/273

Dalam kesempatan lain Beliau menegaskan:
Dan Iqamat disyariatkan untuk orang-orang yang telah hadir supaya mereka mengetahui mulainya shalat, sedangkan para wanita melaksanakan shalat di rumah dan mereka tidak perlu hal itu, dan yang disyariatkan adalah dia (wanita) melaksanakan shalat tanpa adzan dan iqamat. Fatawa Nur ala ad-Darbi 6/352

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com