SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Fadhilah Surat al-Ikhlas


Ikhwan (Bekasi)
6 years ago

Bismillah....afwan ustadz benarkah membaca surat al ikhlas sekali sama dengan membaca sepertiga al Qur'an?????
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago

Dalam salah satu riwayat yang shahih disebutkan:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الخُدْرِيِّ، أَنَّ رَجُلًا سَمِعَ رَجُلًا يَقْرَأُ: قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ يُرَدِّدُهَا، فَلَمَّا أَصْبَحَ جَاءَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ ذَلِكَ لَهُ، وَكَأَنَّ الرَّجُلَ يَتَقَالُّهَا، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ القُرْآنِ»

Dari Abu Sa'id Al Khudri bahwa seorang laki-laki mendengar seseorang yang membaca surat: "QUL HUWALLAHU AHAD." dan orang itu selalu mengulang-ngulangnya. Di pagi harinya, maka laki-laki itu pun segera menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan mengadukan mengenai seseorang yang ia dengar semalam membaca surat yang sepertinya ia menganggap sangat sedikit. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pun bersabda: "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya surat itu benar-benar menyamai sepertiga Al Qur`an." HR. Bukhari no.5013 dan yang lainnya.

Perlu difahami bahwa ada perbedaan antara mencukupi (menggantikan) dan pahala. Apa yang disebutkan oleh Rasulullah di sini maksudnya adalah membaca surat tersebut pahalanya setara dengan membaca sepertiga al-Qur'an dan bukan bermakna pembacaan surat tersebut bisa menggantikan pembacaan 1/3 al-Qur'an, misalnya seseorang bernadzar untyuk membaca 1/3 al-Qur'an maka nadzar itu tidak bisa terlaksana hanya dengan membaca surat al-Ikhlas sekali.

Berikut ini petikan keterangan Ibnu Taimiyah:
Apabila seseorang membaca surat al-Ikhlas ia akan memperoleh pahala senilai 1/3 al-Qur'an, akan tetapi ini tidak mengharuskan pahala tersebut sejenis dengan pahala yang diperoleh dengan membaca ayat Qur'an lainnya, bahkan seseorang perlu jenis pahala yang diperoleh dengan ayat yang berisi perintah, larangan dan cerita. Al-Ikhlas tidak bisa menggantikan ayat-ayat itu dan tidak bisa menempati kedudukannya. Majmu' al-Fatawa 17/138

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com