SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

cara membagi waktu seorang suami yang berpoligami


Ikhwan
9 years ago

assalamu'alaikum wr.wb. langsung saja ustad ke pertanyaan 1. dengan mempunyai 2 org istri bagaimana cara seorang suami membagi waktu kepada istri istrinya secara benar dan adil menurut agama,sementara istri 2 belum punya anak dan istri 1 punya 5 org anak..
2. pada waktu suami berada di rumah istri 2 bolehkan anak dari istri 1 ikut tinggal dirumah istri 2.dan bagaimana kalau sang anak merengek mengajak ayahnya(suami) pulang ke rumah istri 1 ...
Redaksi SalamDakwah
9 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Sebelum menjawab pertanyaan saya ingin membawakan terjemahan komite fatwa Saudi:
Adil yang yang diwajibkan (atas suami.pen)terhadap istri-istrinya adalah keadilan yang mampu diberikan manusia seperti nafkah, tempat tinggal, pakaian dan bermalam. (Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah juz.19 hal.200

Jawaban pertama:
Seorang suami wajib untuk memberikan jatah menemani setiap istri dengan adil, misalanya dalam 1 minggu suami menemani istri pertama 3 hari dan istri kedua 4 hari, kemudian minggu berikutnya istri pertama 4 hari dan istri kedua 3 hari. Jumlah anak bukanlah alasan pembolehan tidak adil dalam masalah ini. Akan tetapi jika misalnya istri yang belum punya anak ridho anda tinggal lebih lama di tempat istri yang punya anak maka tidak apa melebihkan jatah istri yang punya anak.

Jawaban kedua:
Jika istri kedua rela suami membawa anak istri pertama ke tempatnya maka suami dibolehkan membawanya, tapi kalau dia tidak rela dan itu akan menyebabkan kecemburuan karena anda membagi perhatian antara dia dengan anak anda maka jangan dibawa.
Jika anak merengek minta suami ke istri pertama maka suami bisa mengembalikan anak itu ke istri pertama kemudian suami balik lagi ke istri kedua. Dan permohonan anak bukanlah dalil pembolehan untuk tidak adil antara dua istri.
Wallahu a’lam
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com