SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Jengkel Kepada Orang Tua


Ikhwan (jakarta)
6 years ago

Assalamualaikum ustad, saya ingin menjelaskan sebelumnya ayah saya sudah keluar dari koridor koridor islam dia melakukan perbuatan yg menjurus pada ke musyrikan dan tidak hanya satu atau dua kali tetapi beberapa kali dan sudah sumpah quran untuk tidak mengulanginya tetapi masih tetap di ulabgi sehingga kami sebagai anak anaknya sudah sangat kesal, dari sebelum ibu kami ada sampai sudah tiada tapi masih tidak ada perubahan, aset aset pun dijualnya demi usahanya tersebut sehingga kami makin bingung dan kesel sampai terucap kata kata kasar, apa yg harus kami perbuat dan bagaimana dengan kata kata kasar apakah menghalangi rido allah, trimakasih ustad
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Mengucapkan kata kasar kepada orang tua disebabkan perbuatannya (seperti yang Anda sebutkan) tidaklah tepat karena itu termasuk mempergauli orang tua dengan cara yang tidak baik. Bahkan seandainya orang tua Anda memerintahkan Anda berbuat kesyirikan Anda tetap wajib untuk mempergaulinya dengan baik tanpa harus taat kepadanya dalam kesyirikan itu. Allah ta'ala berfirman dalam surat Luqman ayat 15:

وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

Dalam surat al-Isra' ayat 23 kita dilarang oleh Allah ta'ala untuk berkata Uf (semacam Ah) kepada orang tua kita yang telah lanjut usia dan membentaknya:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا

Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia[850].


Apabila mengucapkan kata semacam Ah saja tidak diperbolehkan, apalagi mengucapkan kata-kata atau memperlakukan mereka dengan lebih kasar daripada itu.

Selayaknya Anda bersabar dan tetap berusaha menasehati orang tua Anda yang telah melakukan penyimpangan terhadap aturan syariat, bila perlu mintalah bantuan kepada orang yang disegani olehnya untuk mengingatkannya akan kesalahan-kesalahan yang ia perbuat, dengan tidak melupakan do'a kepada Allah ta'ala supaya Dia memberinya hidayah serta petunjuk. Semoga dengan begini dia bisa sadar akan kesalah-kesalahannya.

Anda juga sebaiknya berusaha sebisa mungkin menutup pintu-pintu yang bisa dijadikan jalan olehnya untuk berbuat kemaksiatan.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com