SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Berhutang Dengan Bunga 1% Untuk Bisa Beli Rumah


Ikhwan
7 years ago

bismillah ustad,

saat ini kami sekeluarga belum memiliki rumah, sedangkan kalo kami ingin beli rumah dijakarta secara tunai kami belum mampu.di kantor kami ada penawaran pinjaman pegawai dengan bunga sangat rendah yaitu 1% pertahun yang nantinya bisa kami gunakan untuk beli rumah.apakah hal tersebut diijinkan ustad?
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

Bunga hutang yang disyaratkan oleh orang/lembaga adalah termasuk riba. Dalam salah satu riwayat disebutkan:

عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ، أَتَيْتُ المَدِينَةَ فَلَقِيتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ سَلاَمٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، فَقَالَ: «أَلاَ تَجِيءُ فَأُطْعِمَكَ سَوِيقًا وَتَمْرًا، وَتَدْخُلَ فِي بَيْتٍ» ، ثُمَّ قَالَ: «إِنَّكَ بِأَرْضٍ الرِّبَا بِهَا فَاشٍ، إِذَا كَانَ لَكَ عَلَى رَجُلٍ حَقٌّ، فَأَهْدَى إِلَيْكَ حِمْلَ تِبْنٍ، أَوْ حِمْلَ شَعِيرٍ، أَوْ حِمْلَ قَتٍّ، فَلاَ تَأْخُذْهُ فَإِنَّهُ رِبًا

Dari Sa'id bin Abu Burdah dari bapaknya; "Aku mengunjungi Madinah lalu bertemu dengan 'Abdullah bin Salam radliallahu 'anhu. Dia berkata; "Tidakkah sebaiknya kamu berkunjung ke rumahku, Nanti kusuguhi makanan terbuat dari tepung dan kurma dan kamu masuk ke dalam rumah. Kemudian dia berkata lagi; "Sesungguhnya engkau berada pada suatu negeri yang riba tersebar pada (negeri) tersebut. Apabila engkau memiliki hak (piutang) terhadap seseorang, kemudian orang itu menghadiahkan sepikul jerami, sepikul gandum, atau sepikul makanan ternak kepadamu, janganlah engkau ambil karena itu adalah riba " Atsar ini dikeluarkan oleh Imam Al-Bukhari no.3814

Syaikh Fauzan pernah ditanya:
Semoga Allah berbuat baik kepada Anda, ini perempuan dari belanda dia meminta suaminya membeli rumah dengan cara riba, apa hukum nya?

Beliau menjawab:
Tidak boleh, Riba tidak boleh, baik itu di masalah rumah atau selainnya. (Allah ta'ala berfirman di surat al-Baqarah:275)

(وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

عن جابر، لَعَنَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا، وَمُؤْكِلَهُ، وَكَاتِبَهُ، وَشَاهِدَيْهِ

Dari Jabir; dia berkata, 'Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, nasabah riba, juru catat, dan dua saksi transaksi riba. Rasulullah bersabda, 'Mereka semua itu sama.'' (Hr. Muslim, no. 1598)

Riba adalah haram dan tidak diperbolehkan. Apabila seseorang tidak punya maka hendaknya ia meminjam, apabila ia tidak memiliki rumah ia bersabar dan menyewa.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com