SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Jagal Diberi Kulit Hewan Qurban


Ikhwan (cirebon)
7 years ago

Assalamu'alaikum

Alhamdulillah kami sekeluarga diberi kesempatan oleh Allah untuk dapat berkurban seekor sapi, namun ada yang ingin saya tanyakan mengenai mekanisme pengupahan jagal dan makan siang panitia sebagai berikut:
1. Untuk jagal kami beri upah berupa uang, namun bagian kulit hewan qurban kami berikan ke mereka dengan niat sedekah. Apakah hal ini sudah benar?
2. Kebetulan kami membentuk panitia tersendiri, yang kami upah dengan uang. Namun mereka tetap mendapatkan daging qurban dengan takaran/porsi yang sama dengan yang lain, karena mereka kami posisikan sebagai karib kerabat dan fakir miskin yang memang berhak menerima qurban. Apakah ini diperbolehkan?
3. Ketika makan siang, panitia qurban kami ajak makan bersama dengan masakan yang berasal dari daging qurban yang merupakan jatah kami yang berqurban. Apakahitu diperbolehkan?
Jazakallahu khairan, syukron atas jawabannya.
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

1. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa pernah ditanya:
Di tengah-tengah penyembelihan hewan qurban apakah diperbolehkan melemparkan lemak, perut, usus hewan qurban, babat dan ..(kami tidka memahami maknanya)..dari hewan qurban. Apakah boleh kami melemparkan (memberikan) bagian-bagian ini kepada tukang jagal di luar upah yang diberikan kepadanya?

Komite menjawab:
Tidak ada larangan memberikan lemak, kulit, perut, usus, babat dan ...dari hewan qurban kepada tukang jagal di luar upahnya, kecuali ada orang-orang faqir yang lebih berhak darinya untuk diberi organ-organ tadi atau sebagiannya. Organ-organ tadi diberikan kepada yang lebih berhak, Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa 11/432 fatwa no. 13654

2. Boleh
3. Boleh

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com