SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Notaris Mengabulkan Surat Wasiat Semua Harta Untuk X (bukan ahli waris)


Akhwat (Jakarta)
7 years ago

Assalamualaikum Ustadz,

Dalam satu masalah waris , Notaris mengabulkan keinginan seseorang untuk mewasiatkan semua harta untuk mis untuk X, yayasan , dll ( diluar ahli waris ). Bila kelak pihak ahli waris menggugat keputusan notaris ( karena ahli waris mengerti wasiat tidak boleh lebih dari 1/3 dari harta), apakah keputusan notaris tersebut masih berlaku dan syah? atau keputusan notaris tersebut gugur/tidak berlaku dan ahli waris bisa mendapatkan haknya?
Mohon penjelasan.

Sukron
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Berwasiat memberikan seluruh harta atau lebih dari sepertiga harta adalah tidak boleh karena ini menyelisihi apa yang telah disyariatkan, dan persetujuan notaris tidak bisa menghalalkan apa yang menyelisihi syariat tersebut. Dalam salah satu riwayat disebutkan:

عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: جَاءَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعُودُنِي وَأَنَا بِمَكَّةَ، وَهُوَ يَكْرَهُ أَنْ يَمُوتَ بِالأَرْضِ الَّتِي هَاجَرَ مِنْهَا، قَالَ: «يَرْحَمُ اللَّهُ ابْنَ عَفْرَاءَ» ، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أُوصِي بِمَالِي كُلِّهِ؟ قَالَ: «لاَ» ، قُلْتُ: فَالشَّطْرُ، قَالَ: «لاَ» ، قُلْتُ: الثُّلُثُ، قَالَ: «فَالثُّلُثُ، وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ، إِنَّكَ أَنْ تَدَعَ وَرَثَتَكَ أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَدَعَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ فِي أَيْدِيهِمْ، وَإِنَّكَ مَهْمَا أَنْفَقْتَ مِنْ نَفَقَةٍ، فَإِنَّهَا صَدَقَةٌ، حَتَّى اللُّقْمَةُ الَّتِي تَرْفَعُهَا إِلَى فِي امْرَأَتِكَ، وَعَسَى اللَّهُ أَنْ يَرْفَعَكَ، فَيَنْتَفِعَ بِكَ نَاسٌ وَيُضَرَّ بِكَ آخَرُونَ

Dari Sa'ad bin Abi Waqosh radliallahu 'anhu berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam datang menjengukku (saat aku sakit) ketika aku berada di Makkah". Dia tidak suka bila meninggal dunia di negeri dimana dia sudah berhijrah darinya. Beliau bersabda; "Semoga Allah merahmati Ibnu 'Afra'". Aku katakan: "Wahai Rasulullah, aku mau berwasiat untuk menyerahkan seluruh hartaku". Beliau bersabda: "Jangan". Aku katakan: "Setengahnya" Beliau bersabda: "Jangan". Aku katakan lagi: "Sepertiganya". Beliau bersabda: "Ya, sepertiganya dan sepertiga itu sudah banyak. Sesungguhnya jika kamu meninggalkan ahli warismu dalam keadaan kaya itu lebih baik daripada kamu meninggalkan mereka dalam keadaan miskin lalu mengemis kepada manusia dengan menengadahkan tangan mereka. Sesungguhnya apa saja yang kamu keluarkan berupa nafkah sesungguhnya itu termasuk shadaqah sekalipun satu suapan yang kamu masukkan ke dalam mulut istrimu. Dan semoga Allah mengangkatmu dimana Allah memberi manfaat kepada manusia melalui dirimu atau memberikan madharat orang-orang yang lainnya". HR. Bukhari no.2742 dan Muslim no.1628. Dan yang lainnya. lafadz ini adalah lafadz Bukhari

Apabila pemilik harta sudah terlanjur mewasiatkan untuk orang yang boleh menerima wasiat lebih dari sepertiga hartanya maka wasiat yang terlaksana hanya pada 1/3 harta, kecuali bila ahli waris merelakan hak mereka diberikan kepada orang yang diberi wasiat itu. Apabila ahli waris tidak rela maka apa yang lebih dari sepertiga kembali kepada ahli waris.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com