SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pelajaran seni musik dan melukis makhluq hidup di Sekolah


Ikhwan
8 years ago

assalamulaikum
saya ingin bertanya tentang hukum melaksanakan kurikulum pendidikan seni di SMP yang merupakan bagian dari pelaksanaan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
Materi yang diajarkan adalah seni yang dilarang oleh Allah dan Rasullah seperti menyanyi dan melukis mahluk bernyawa mhon penjelasannya
Wasalam
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kalau memang aturan tertulisnya menyebutkan bahwa tidak mengikuti pelajaran yang melanggar syariat tersebut akan menjadikan seorang murid tidak lulus, maka ketidak lulusan ini bukanlah keadaan darurat yang membolehkan pelanggaran syariat.

Di sisi lain, kita mendapati sekolahan-sekolahan yang bersih dari hal-hal tersebut mulai bermunculan. Sekolah-sekolah tersebut juga tidak kalah bermutu dengan sekolah umum. Oleh karena itu, jika memang pihak sekolah mengaitkan keikut-sertaan di pelajaran-pelajaran yang menyelisihi syariat dengan kelulusan siswa maka sebaiknya mencari alternatif lembaga pendidikan lain yang steril dari hal-hal yang terlarang itu.

Memang, mencari sekolah yang cocok dan berpindah lembaga pendidikan tidaklah semudah membalikkan tangan, akan tetapi seorang anak atau orang tuanya yang sudah terlanjur menempatkan anaknya di lembaga tersebut seharusnya mencari lembaga lain yang bagus, seharusnya ia menunjukkan kualitas keimanannya kepada Allah ta'ala. Sungguh pengorbanan seperti ini bukanlah apa-apa apabila dibandingkan dengan pengorbanan Nabi dan para sahabatnya untuk melaksanakan perintah Allah ta'ala dan menolong agama-Nya.

Semoga Allah ta'ala selalu menjadikan ilmu syar'i kita bertambah dan mengaruniai kita kemampuan untuk melaksanakannya di dunia nyata.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com