SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Wanita Bekerja


Akhwat (jakarta)
7 years ago

Assalamualaikum ustadz,

bagaimana hukumnya untuk wanita bekerja, karena sebenarnya istri sudah ingin dirumah tetapi suami mengharapkan istri masih bekerja karena merasa istri cukup membantu perekonomian keluarga. Dan istri sudah bolak balik ingin keluar dari kerja tetapi sepertinya suami belum menyetujui.. bagaimana sebaiknya tindakan yang dilakukan istri, dan disini istri tidak mau mengecewakan suami atau tidak menuruti perintah suami. Mohon pencerahannya.
syukron ustads, Barokallahu Fiykum
wassalamualaikum Warrahmatullahiwabarokatuhu
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Apa yang diinginkan wanita tersebut untuk berdiam di rumah dan keluar dari pekerjaannya di luar rumah adalah hal yang baik mengingat berdiamnya wanita di rumah adalah yang terbaik baginya. Allah ta'ala berfirman di surat al-Ahzab ayat 33 memberikan perintah kepada istri-istri Nabi shallallahu alaihi wa sallam (Yang mencakup wanita muslimah juga):

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الأولَى وَأَقِمْنَ الصَّلاةَ وآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ...

Dan hendaklah kalian tetap di rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

المَرْأَةُ عَوْرَةٌ، فَإِذَا خَرَجَتْ اسْتَشْرَفَهَا الشَّيْطَانُ

Wanita itu adalah aurat. Apabila ia keluar (rumah), maka setan akan menghiasi dirinya (sehingga dipandang indah di mata pria.pent) HR. Tirmidzi no.1173. DIshahihkan oleh al-Albani

Apabila keluarga dalam keadaan kekurangan, suami meminta istrinya untuk membantu dan istrinya tidak berkeberatan untuk bekerja di luar dalam rangka membantu perekonomian maka boleh bagi istri tersebut untuk bekerja dengan catatan:
1. Jenis pekerjaan yang digelutinya sesuai dengan tabiatnya sebagai seorang perempuan.
2. Tidak ada ikhtilat di tempat kerjanya.
3. Dia harus tetap memakai hijab syar’i ketika bekerja.
4. Pekerjaan ini tidak menjadikannya bersafar tanpa mahram.
5. Keluarnya dia ke pekerjaan ini tidak menuntutnya untuk berbuat haram seperti khalwat di kendaraan.
6. Pekerjaan ini tidak melalaikannya dari kewajibannya sebagai seorang istri atau ibu jika dia mempunyai anak.

Jika istri berkeberatan bekerja di luar sedangkan suami tetap keukeuh meminta istrinya untuk bekerja untuk membantu perekonomian keluarga dan istri tidak nyaman untuk selalu menolak maka jalan tengah yang bisa ditempuh adalah istri merintis usaha kecil menengah yang bisa dikerjakan dari dalam rumah dan bisa memberikan kontribusi untuk perekonomian keluarga. Diantara usaha yang cukup menjanjikan adalah jual-beli secara online yang bisa dikendalikan dari dalam rumah.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com