SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Tadarus berjamaah


Akhwat
8 years ago

Assalamu'alaikum

di kantor ana ada acara rutin baca alqur'an secara bersama-sama pada bulan ramadhan dan dipimpin oleh salah satu ustadz yg menggunakan pengeras suara, dan setiap karyawan wajib mengikuti, ana sulit menghindarinya.Apakah ana berdosa karena ikut bergabung dalam acara tersebut, akan tetapi tidak mengikuti bacaan mereka (baca sendiri).

Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام ورحمة الله و بركاته

Asalnya ketika seorang muslim melihat kemungkaran(termasuk bid'ah) dia harus mengingkarinya, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
«من رأى منكم منكرا فليغيره بيده، فإن لم يستطع فبلسانه، فإن لم يستطع فبقلبه، وذلك أضعف الإيمان»أخرجه مسلم رقم 49
"Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran maka hendaknya dia mengubahnya dengan tangannya. Jika tidak mampu maka hendaknya dia ubah dengan lisannya. Jika tidak mampu maka hendaknya dia ubah dengan hatinya dan itulah iman yang paling lemah”.

Ketika anda tidak mampu untuk mengingkari dengan lisan usahakan untuk tidak mengikuti acara tersebut, karena mengikuti itu bisa menjadi tanda ridha dengan kegiatan itu. Teknisnya: anda berbicara dengan pimpinan bahwa anda mendengar bahwa acara semacam itu tidak ada contohnya dari Rasul shallallahu alaihi wa sallam dan para sahabatnya jadi anda tidak bisa mengikuti acara ini, sampaikan ini dengan cara yang halus dan sopan, kalau perlu sebagai gantinya (saat itu) anda mengerjakan pekerjaan kantor, insyaallah atasan anda bisa mengerti.

Wallahu ta’ala a’lam
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com