SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum fitnah


Ikhwan
8 years ago

Assalamualaikum wr wb.....Pak ustadz mau tanya apakah hukumnya bagi orang yang memfitnah tetangga dengan menggunakan sms gelap?isi fitnahnya bahwa tetangga yang satu menceritakan keberukan tetangga yang lainnya dengan cara pemberitahuannya melalui sms gelap, dengan maksud dan tujuannya adalah agar kedua tetangga yg berdekatan tersebut menimbulkan konflik.Pada saat tetangga yang lainnya menelpon sms gelap tersebut dia tidak mengangkat telponnya. Demikian pertanyaan saya, atas jawaban dari Pak ustadz saya ucapakan terima kasih.Wassalamualaikum wr wb.........
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Adu domba adalah merupakan dosa besar yang dianggap remeh dan pelakunya diancam dengan adzab setelah kematiannya sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam:
عن ابن عباس رضي الله عنهما، قال: مر رسول الله صلى الله عليه وسلم على قبرين، فقال: " إنهما ليعذبان، وما يعذبان في كبير، أما هذا: فكان لا يستتر من بوله، وأما هذا: فكان يمشي بالنميمة " ثم دعا بعسيب رطب فشقه باثنين، فغرس على هذا واحدا، وعلى هذا واحدا، ثم قال: «لعله يخفف عنهما ما لم ييبسا»أخرجه البخاري رقم 6052و مسلم رقم 292
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah melewati dua kuburan, lalu beliau bersabda, “Ketahuilah, sesungguhnya kedua penghuni kubur ini sedang disiksa. Dan mereka berdua disiksa bukan karena sesuatu yang besar. Adapun salah seorang di antara mereka disiksa karena suka mengadu-domba sedangkan yang lainnya disiksa karena tidak menjaga dirinya dari (percikan) kencingnya.” Kemudian beliau meminta pelepah kurma basah, lalu membelahnya menjadi dua. Kemudian beliau menanam salah satunya pada kubur yang pertama dan yang satu lagi pada kubur yang kedua. Kemudian beliau bersabda, “Semoga siksa keduanya diringankan selama kedua pelepah ini belum kering.”

Seorang muslim yang mengetahui terjadinya perbuatan ini harus menghentikannya karena ini adalah kemungkaran dan akibat kerusakannya besar (hilangnya kesatuan diantara masyarakat)

Wallahu a’lam
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com