SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Saya Mau Menyamakan Warisan Saya Dengan Warisan Saudari Saya Apakah Boleh?


Ikhwan (depok)
7 years ago

Kalau harta warisan saya bagi rata dengan kakak perempuan saya hukum nya bagaimana ya?saya pribadi iklas kalau harta waris itu di bagi rata,walaupun hukum nya wanita setengah dari laki2 hak nya,
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

Dalam pembagian warisan, awalnya semua ahli waris harus tahu berapa bagian yang ia peroleh dari warisan orang yang telah meninggal berdasarkan hukum Islam, dan apa yang menjadi hak masing-masing ahli waris hukum asalnya tidak boleh diganggu gugat, serta masing-masing ahli waris berhak untuk menerimanya.

Apabila salah seorang ahli waris rela untuk melepaskan haknya secara keseluruhan atau sebagiannya untuk diberikan kepada ahli waris lainnya atau selain ahli waris maka itu adalah hak dia dan Islam tidak mempermasalahkan hal itu. Dalam pertanyaan yang Anda sampaikan kami fahami bahwa hakikatnya Anda merelakan sebagian hak Anda untuk diberikan kepada saudari Anda, padahal seharusnya bagian Anda adalah dua kali bagian Saudari Anda, ini berdasarkan firman Allah ta'ala di surat An-Nisa' ayat 11:

يُوصِيكُمُ اللَّهُ فِي أَوْلادِكُمْ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الأنْثَيَيْنِ

Allah mensyari'atkan bagi kalian tentang (pembagian warisan untuk) anak-anak kalian. Yaitu : bagian seorang anak lelaki sama dengan bagian dua orang anak perempuan.

Setelah Anda merelakan 25 persen dari warisan Anda untuk diberikan ke saudari maka jumlah akhir yang Anda dan Saudari terima sama. Hukum yang demikian tidaklah terlarang, bahkan ini termasuk perbuatan baik kepada saudari. Semoga Allah ta'ala membalas kebaikan Anda dengan sebaik-baik balasan.
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com