SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bekerja di Negara Kafir


Ikhwan (bandung)
6 years ago

assalamu'alaikum Ustadz,

ana mau bertanya tenatang bagaimana hukumnya jika ana diminta untuk membatu pekerjaan dinegeri kafir oleh perusahaan ana, sedangkan di sini untuk sementara pekerjaan ana belum ada, mohon penjelasannya.
barokallhufiek.

wasalammu'alaikum.
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Safar dan bekerja di negeri kafir bahayanya besar untuk agama, akhlaq dan adab seorang Muslim. Apabila Anda tidak banyak memiliki ilmu agama dan Anda juga merasa keimanan Anda lemah maka seharusnya Anda tetap berusaha untuk mengusulkan supaya Anda dipekerjakan di Indonesia atau jika memang harus pergi maka mintalah supaya Anda dikirim ke negeri-negeri Islam, sebab Agama harus lebih diutamakan dibanding semua perkara dunia.

Ini pandangan dari satu sisi, yaitu sisi Anda pribadi, bila dilihat dari sisi lain bila Anda sudah berkeluarga maka ketika Anda bekerja jauh dari keluarga, ketika itu Anda berarti sudah siap untuk meninggalkan keluarga tanpa bimbingan dan arahan Anda, padahal Anda bertanggung jawab mengarahkan mereka supaya mereka selamat di dunia dan akhirat. Allah ta'ala berfirman dalam surat At-Tahrim ayat 6


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ


Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Apabila perusahaan Anda tetap memerintahkan Anda pergi ke negeri kafir padahal bahaya sudah nampak di depan mata maka perintah ini tidak boleh dilaksanakan karena ketaatan kepada makhluq terbatas pada hal-hal yang baik, adapun bila itu menyelisihi syariat maka tidak wajib dilaksanakan. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:


إِنَّمَا الطَّاعَةُ فيِ المَعْرُوفُ


ungguhnya ketaatan hanya pada perkara yang baik. HR. Bukhari. No 7145 dan Muslim no.1840

Semoga pihak perusahaan mau menerima argumen Anda, dan semoga Allah ta'ala menjaga Anda serta keluarga


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com