SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Shalat di Masjid Yang Lebih Jauh Meski Ada Masjid Yang Dekat


Ikhwan (riau)
7 years ago

Assalamualaikum..., ustad mau tanya hadis yang menyatakan bahwa kita harus shalat di mesjid yang ada dilingkungan kita jika tidak ada udzur yang menghalangi, bagaimana kalo kita ingin mendapatkan imam yang baik bacaannya sementara di mesjid kita kurang bahkan banyak kesalahan terutama tajwid dan makhrajnya. Terima kasih atas jawabannya..
Wassalam...
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Karena keterbatasan kami, kami hanya menemukan hadits yang dinukil oleh syaikh Al-Albani As-Silsilah Ash-Shahihah:


لِيُصَلِّ الرجلُ في المَسْجِدِ الذي يَلِيهِ ، وَلاَ يَتَّبِعُ المَسَاجِدَ


“Hendaknya seseorang shalat di masjid yang dekat dengannya, dan jangan mencari-cari masjid (lain)” Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah 5/234

Ini adalah hukum asalnya, akan tetapi bila misalnya di masjid yang dekat pelaksanaan shalatnya bermasalah bila dilihat dari kacamata syariat maka dibolehkan untuk melaksanakan shalat di tempat lain, seperti tidak thuma'ninahnya imam dalam shalatnya atau terjadinya kesalahan yang jelas dalam bacaan Qur'annya.

Syaikh Ibnu Baz pernah ditanya dengan pertanyaan semisal:
Pertanyaan:
Apakah boleh memilih-milih masjid? Di perkampungan tempat tinggal saya ada masjid, akan tetapi saya pergi ke perkampungan kedua untuk melaksanakan shalat di masjid lain karena bacaan imamnya bagus dan ketenangan dalam shalat di masjid tersebut, apakah ini sah atau tidak? Tolong arahkan saya.

Jawaban:
Itu tidak apa-apa. Yakni ia mencari masjid yang banyak jama'ahnya. atau imamnya lebih baik bacaannya, atau ia lebih bertakwa, atau di dalamnya ada halaqah ilmu (atau semacamnya) dari maslahah-maslahah Islami yang ada. Ini diperbolehkan meski jauh jaraknya. Fatawa Nur Ala Ad-Darbi 11/430 no.260


وبالله التوقيق

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com