SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Sholat Di Masjid Yang Terdapat Jam Berlonceng


Ikhwan (Jakarta)
7 years ago

Ustadz, Mesjid di dekat rumah ana memiliki jam berlonceng. Terkadang lonceng tersebut terdengar melalui speaker mesjid, jadi seakan-akan seperti bunyi lonceng gereja.
Jika kita sedang sholat berjamaah dan tiba-tiba terdengar bunyi lonceng dari jam mesjid tersebut, apakah pahala sholat kita akan berkurang atau bahkan sholat kita batal?
Karena yang ana tahu, malaikat akan lari dari rumah yang memiliki lonceng.
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

Suara tersebut sebagaimana yang Anda kisahkan tidaklah membatalkan shalat atau mengurangi pahalanya karena tidak ada dalil yang menunjukkan hal tersebut. Terkecuali bila suara tersebut menjadikan pikiran kita melayang-layang dan tidak khusyu', ketika itu pahala kita berkurang disebabkan ketidak khusyu'an kita.

Seharusnya Anda memberi nasehat kepada DKM masjid tentang dimakruhkannya penggunaan bunyi seperti seperti suara lonceng sehingga suara tersebut bisa dihilangkan. Dalam salah satu riwayat shahih disebutkan:


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «الْجَرَسُ مَزَامِيرُ الشَّيْطَانِ


Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Lonceng itu adalah seruling setan."HR. Muslim no.2114

Ibnu Hajar Al-Asqalani setelah membawakan hadits di atas Beliau menulis:
Dan ia menunjukkan bahwa kemakruhan ini di suaranya karena ada kesamaan dengan suara Naqus (lonceng) dan bentuknya. Fath Al-Bari 6/142


والله تعالى أعلم بالحق والصواب

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com