SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Uang Setoran Haji Apakah Wajib Dizakati


Akhwat (Pancoran)
7 years ago

Assalamu'alaikum warohmatullah,
Mohon pencerahannya,
Kalau uang yang sudah disetorkan untuk haji itu apakah dikeluarkan juga zakatnya, dengan menggabungkan dengan tabungan/harta yang lain. Sebagaimana kita tahu bahwa haji itu kan harus menunggu bertahun - tahun. Uang yang kita setorkan itu apakah masih masuk dalam harta kita sampai keberangkatan kita?

Syukron, Jazakallahu khair

zahra
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Untuk mengetahui apakah setoran tersebut dizakati oleh calon jama'ah haji atau tidak maka kita harus tahu hakikat dari uang yang telah disetorkan oleh calon jama'ah haji itu. Apabila hakikat dari setoran tersebut adalah pembayaran kepada penyedia jasa untuk biaya perjalanan ibadah haji maka otomatis ketika disetorkan maka itu adalah hak milik dari pihak penyedia jasa dan bukan lagi milik dari calon jama'ah haji, dan ketika diketahui bahwa itu bukan lagi milik calon jama'ah haji maka calon jama'ah haji tidak wajib untuk menzakatinya karena uang yang telah disetorkan tersebut bukan miliknya.

Apabila hakikat dari setoran tersebut adalah seperti tabungan dari calon jama'ah haji, yang apabila nominalnya sudah mencapai jumlah yang dibutuhkan untuk membayar penyedia jasa dalam rangka pelaksanaan ibadah haji ia akan disetorkan ke penyedia jasa maka calon jama'ah haji harus mengeluarkan zakatnya bila simpanan tersebut statusnya masih menjadi miliknya dan nilainya telah mencapai nishab serta telah berlalu satu haul.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com