SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Waktu Yang Tepat Untuk Mengqadha Puasa? Bolehkah Niat Puasa Qadha Digabung Dengan Puasa Syawwal?


Ikhwan (selangor)
7 years ago

salam,bilakah waktu yg sesuai untuk mengkhadak shalat, & bolehkah puasa 6 disekalikan dgn puasa ganti, kalau boleh bagaimana niatnya? terima kasih.
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Semakin cepat waktu pelaksanaan qadha' puasa niscaya itu semakin baik. Perlu diketahui pula bahwa tidak boleh seseorang menunda Qadha' sampai datang Ramadhan tahun depan.

Puasa sunnah 6 hari di bulan Syawwal tidak bisa digabung dengan puasa qadha' Ramadhan. Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin menerangkan:
Adapun berpuasa enam hari di bulan Syawwal, maka (perlu diketahui.pent) bahwa puasa tersebut terikat dengan Ramadhan, dan itu tidak terlaksana kecuali setelah Qadha' Ramadhan. Seandainya pelaksanaannya sebelum Qadha' maka ia tidak mendapatkan pahala tersebut, berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam:


مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ، كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ


Siapa yang telah berpuasa Ramadhan, kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti puasa setahun. HR. Muslim no.1164

Dan telah diketahui bersama bahwa barangsiapa yang masih berkewajiban Qadha' puasa tidak dianggap telah berpuasa Ramadhan sampai ia menyelesaikan Qadha' nya. Majmu' Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin 20/48-49

Sekedar untuk memperjelas: Perlu diketahui bahwa telah disyariatkan puasa Ramadhan satu bulan (29/30 hari) dan puasa 6 hari (jumlah puasa Ramadhan tadi ditambah 6 hari) untuk mendapatkan pahala seperti puasa 1 tahun. Oleh karena itu orang yang melaksanakan Qadha' disertai niat puasa Syawwal maka ia tidak memenuhi jumlah puasa yang diinginkan seperti yang disabdakan Rasul shallallahu alaihi wa sallam.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com