SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Pingsan Saat Puasa


Ikhwan (sanggau)
7 years ago

Ass.Misalkan kita puasa! Terus ktika ketika kita di siang harinya kita pingsan! Dan di saat kita pingsan ada seseorng yang memberikan kita minum! Bagay mana status. Puasa kita apa batal apakah tidak?? Wassalam!
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Apabila seseorang pingsan pada satu hari di bulan Ramadhan sejak awal puasa sampai berbuka maka puasanya hari itu tidaklah sah, sebab ia tidak meninggalkan makan, minum dan syahwat dengan sengaja, padahal puasa menuntut seseorang meninggalkan pembatal puasa dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Dalam hadits Qudsi disebutkan:


يَتْرُكُ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَشَهْوَتَهُ مِنْ أَجْلِي


Ia meninggalkan makan, minum dan syahwatnya demi Aku. HR. Bukhari no. 1894

Apabila ia pingsan beberapa waktu saja pada siang hari maka puasanya sah. Imam An-Nawawi menerangkan: Pendapat yang paling tepat dari perbedaan pendapat ini ialah: Apabila ia sadar pada sebagian siang (bagian manapun) maka puasanya sah. Apabila tidak, maka puasanya tidak sah. Al-Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab 6/347

Apabila ia pingsan beberapa saat saja pada siang hari kemudian ia sadar dan ingat bahwa ia berpuasa, selanjutnya ia menerima pemberian minum orang di sekitarnya maka tentu saja puasanya batal pada hari itu, karena ia minum dengan sengaja.


والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com