SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bagaimana Mengatasi Gangguan Mahluk Halus(Ghoib)???


Ikhwan (Propinsi RIAU)
7 years ago

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Mohon maaf ustad, Kiranya nanti Ǎϑªª pertayaan atau keterangan Tidakk ...!!! Jelas mohon di maklumi.

Langsung saja, Keluarga Abang kandung saya sedang mengalami masalah yang aneh. Abang merantau jauh pulangnya 2 bulan sampai 3 bulan sekali. Meninggalkan Isterinya yang mengandung sekitar 4 bulan saat ini dan sebelumnya juga mengandung tapi Keguguran, Anak laki- laki umur 5 tahun dan 1 Laki-laki Adik ipar Umur 15 Th.

Sekitar 1 tahun yang lalu Kakak ipar(istri abang) saya, mendapat gangguan Mahluk Halus Kronologinya: saat malam hari Ǎϑªª suara ketuk- ketuk pintu, bisikan, penampakan,dan saat tidur kandungan kakak ipar di elus- elus(usap) Diduga mahluk Halus tsb.

Lalu kami datangkan Orang Pintar(semacam dukun) yang mengusir Mahluk Halus, melakukan Dialog:

Dukun: Kenapa kamu ganggu Dia(kakak ipar), dia sudah punya Suami??
Mahluk Halus: saya ingin ikut dia(kakak ipar), merawat dan menjaganya. Kasihan di tinggal suaminya(Red-).

Lalu Dukun tsb, membuang atau memindahkan Mahluk tsb kesuatu tempat yang cukup jauh. Ini juga dialami tetangga sekitar sebelumnya dan anak kakak ipar juga sering melihat. Setelah sekitar 1th aman, sekarang Ǎϑªª gangguan lagi.

Mohon Kiranya Ustad, memberikan Solusi:
1. Bagaimana Cara mengatasinya, sesuai Syariat Islam?
2. Kakak ipar pernah gugur dan sekarang hamil lagi. Apakah Keguguran tsb Ǎϑªª kaitannya dengan kejadian ini?
3. Adakah Kaitannya juga pada Abang saya yang Hoby mempelajari hal Ghoib ataupun menyimpan benda sperti cincin dll

Sekali lagi saya mewakili Abang saya Mengucapkan Terimakasih tak terhingga.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Pertama: Solusi syar'i untuk masalah tersebut.

Untuk mengatasi masalah gangguan setan dari golongan jin di rumah ada beberapa langkah yang seharusnya ditempuh:

- Kembalilah kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan ajaran-Nya

- Berlindunglah kepada Allah ta'ala dengan membaca Al-Qur’an di rumah.

- Saat berbaring di tempat tidur untuk beristirahat atau tidur hendaklah membaca ayat kursi

- Berlindung kepada Allah ta’ala dari sesuatu yang jahat, dengan berucap:


أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَق


(Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan setiap makhluk)
sebanyak tiga kali

- Setiap masuk rumah hendaklah membaca:


اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المولج وخَيْرَ المَخْرَج بِاسْمِ اللهِ وَلَجْناَ بِاسْمِ اللهِ خَرَجْناَ وَعَلىَ اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا


(Ya Allah sesungguh-nya aku memohon kepadaMu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar. Dengan nama Allah kami masuk, dengan nama Allah kami keluar, kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal)

- Membaca setiap pagi dan petang:


بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ، وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ


(Dengan nama Allah… yang bila nama-Nya disebut, segala sesuatu yang berada di bumi dan di langit tidak akan berbahaya, Dialah yang maha mendengar lagi maha mengetahui)
sebanyak tiga kali

Solusi untuk masalah ini secara global adalah: Selalu membaca Al-Qur’an baik di rumah atau selainnya, membaca dzikir yang ada tuntunannya dari Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pada siang dan malam hari sesuai dengan petunjuk Rasul shallallahu alaihi wa sallam, dan membaca ini di rumah dan di luar rumah.

Solusi di atas merupakan intisari dari jawaban Komite Tetap Fatwa Dan Riset Ilmiah Arab Saudi ketika mereka ditanya tentang kejadian-kejadian janggal yang mengganggu yang terjadi di rumah penanya. Lih. Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah juz.1 hal.286 no.6618

Kedua: Peringatan dan nasehat
- Seorang Muslim harus menjauhi bermuamalah dengan dukun dan orang-orang yang mengaku-ngaku tahu masalah ghaib, sebab hanya Allah lah yang tahu masalah ghaib. Janganlah korbankan aqidah demi mendapatkan keterangan singkat dari dukun yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Berkonsultasilah dengan ulama' yang mengetahui ilmu syariat berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

- Nasehatilah kakak Anda supaya menjauhi mempelajari ilmu-ilmu ghaib yang sebenarnya hanya mendekatkan dirinya kepada setan. Pengetahuan tentang hal-hal yang ghaib yang bisa dipertanggung jawabkan hanyalah pengetahuan yang didasari oleh Nash.
Berilah ia masukan supaya tidak menyimpan benda-benda yang dianggap bertuah atau ada penunggunya karena itu semua tidaklah bermanfaat dalam kehidupannya. Manfaat dan mudharat yang menimpa seorang hamba tidak akan terjadi kecuali bila Allah ta'ala mengizinkan.

- Apabila kepentingan pekerjaan berbenturan dengan kemaslahatan keluarga, di mana pekerjaan tersebut menjadikan seseorang menyianyiakan keluarganya (termasuk menjaga istrinay) maka ia harus mencari pekerjaan baru yang tidak menghalangi terciptanya maslahat untuk keluarga. dan insyaallah, Allah ta’ala akan membuka rizki bagi kepala keluarga tersebut karena ia sedang menjalankan perintah Allah ta’ala pada surat At-Tahrim ayat 6:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ


Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Allah ta’ala tidak akan menyia-nyiakan hambanya yang sedang berjuang untuk melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, meski tidak menutup kemungkinan bahwa Allah akan menguji tekad si hamba terlebih dahulu dengan kesempitan rizki dan lain-lain sebelum memberinya karunia.

Semoga Allah ta'ala memperbaiki keadaan keluarga Anda dan keluarga kaum muslimin yang lain dan menghindarkan mereka dari tipu daya setan yang licik.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com