SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bekerja Dibidang Finance


Ikhwan (jakarta)
7 years ago

assalamu`alaikum ustasdz
ustadz,apa hukum dari orang yang bekerja dibidang finance?
seperti perkreditan motor dan lain-lain ustadz
syukron
jazakallah khoir
Redaksi salamdakwah.com
6 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Bekerja di bidang finance atau pembiayaan hukumnya tidak bisa disama-ratakan. Hukumnya tergantung bentuk kegiatan usaha yang dijalankan dan tujuan didirikannya perusahaan ini. Apabila finance ini didirikan untuk bertransaksi ribawi sebagaimana bank maka bekerja dan mendukung trasnsaksi ini baik itu secara langsung atau tidak langsung tidaklah diperbolehkan.

Membantu secara langsung seperti menulis transaksi ribawi, menjadi saksinya atau yang lainnya. Dalam salah satu hadits disebutkan:


عن جابر، لَعَنَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا، وَمُؤْكِلَهُ، وَكَاتِبَهُ، وَشَاهِدَيْهِ» ، وَقَالَ: «هُمْ سَوَاءٌ


Dari Jabir; dia berkata, 'Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, nasabah riba, juru catat, dan dua saksi transaksi riba. Rasulullah bersabda, 'Mereka semua itu sama.'' (Hr. Muslim, no. 1598)

Membantu secara tidak langsung seperti menjadi pegawai pendukung yang membantu pekerjaan 4 macam orang yang disebutkan di hadits. Ini juga terlarang berdasarkan firman Allah ta'ala di surat Al-Maidah ayat 2:


وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ


Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.

Apabila lembaga pembiayaan ini didirikan untuk menjalankan transaksi yang dihalalkan dan dalam kenyataannya usaha dari lembaga ini adalah usaha yang dibolehkan maka tidak apa-apa bekerja di dalamnya.


وبالله التوفيق

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com