SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Transaksi Dengan Tukang Kredit Termasuk Riba?


Ikhwan
7 years ago

assalamuallaikum wr wb, barakallohufik ustad. saya membeli laptop dengan harga dipasaran sekitar 4.600.000,- karena tidak mampu membeli cash dan sangat membutuhkan laptop itu, lalu saya ambil dari orang yang mengkreditkan barang dengan harga pasaran + dia mengambil keuntungan yg kita sepakati. yg saya tanyakan apakah penjualan diatas mengandung riba, jazzakallah kher ustad?
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Model transaksi yang Anda sebutkan bisa digolongkan ke dalam jual-beli Bai' Al-Murabahah li Al-Amir Bi Asy-Syiro'. Jual-beli macam ini dibolehkan bila memenuhi dua syarat berikut:

Pertama:
Dalam konteks perkreditan yang Anda jalani maka tukang kredit tersebut harus membeli laptop dengan pembelian yang sah dan memilikinya dengan kepemilikan yang sah, sebelum ia menjual kembali ke konsumen

Kedua:
Telah terjadi serah terima hakiki dari penjual laptop ke tukang kredit dan sudah dikuasai oleh tukang kredit. Serah terima setiap barang yang dijual tidaklah sama, misalnya jika yang dijual adalah mobil maka serah terimanya dengan cara dipindah dari tokonya, adapun rumah maka serah terimanya dengan mengosongkannya dari barang-barang pemilik sebelumnya dan diserahkannya semua kunci kepada pembeli.
Dalam konteks transaksi Anda maka laptop itu harus sudah dipindah dari toko sebelum dijual oleh tukang kredit ke Anda dengan pembayaran secara kredit.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2020 - Www.SalamDakwah.Com