SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Korelasi Kaidah Menerima Kebenaran Dari Siapapun dan Mengambil Ilmu Hanya Dari Orang Yang Tsiqoh


Ikhwan (pekalongan)
7 years ago

assalamu'alaikum
ustadz bila ada kaidah agar kita menerima kebenaran walaupun dari mana datangnya. kemudian ada kaidah agar kita mengambil ilmu dari orang yang tsiqoh. bagaimana korelasi dari kedua kaidah ini?jazaakaloh.
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Kaidah menerima kebenaran dari semua orang dan mengambil ilmu dari orang yang tsiqoh tidaklah bertentangan, bahkan keduanya membentuk pola metode pengambilan ilmu yang baik.

Pada kaidah pertama difahami bahwa apabila kita mengetahui sebuah kebenaran yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya seperti karena ada pengakuan dari ahli di bidangnya (seperti kisah Abu Hurairah yang diberitahu setan fadhilah ayat kursi ketika ia menangkapnya dan hal itu dibenarkan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam) maka tidak ada masalah menerima kebenaran tersebut.

Pada kaidah kedua difahami bahwa secara asalnya kita harus mencari ilmu dari orang yang tsiqoh karena, kita mencari ilmu karena kita bodoh terhadap sesuatu, dan orang bodoh seperti orang yang tidak tahu jalan. Ketika kita tidak mengetahui jalan maka orang yang bisa dipercaya lebih layak untuk menunjukkan jalan yang benar dibanding orang yang tidak bisa dipercayai baik itu dari sisi ketakwaan atau dari sisi keilmuannya.

والله تعالى أعلم بالحق والصواب

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com