SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mencuri dari sholat


Akhwat
8 years ago

assalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh, saya pernah mendengar kajian salah satu ustadz tentang seseorang yang mencuri shalat yaitu di waktu ruku' dan sujud, tolong dijelaskan ciri-ciri orang yang suka mencuri tersebut. syukron.
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " " أسوأ الناس سرقة الذي يسرق من صلاته " ". قالوا: يا رسول الله، وكيف يسرق من صلاته؟ قال:" لا يتم ركوعها ولا سجودها ".أخرجه أحمد رقم 22642.صححه الألباني في المشكاة رقم 885
“Seburuk-buruk orang yang mencuri adalah orang yang mencuri dari shalatnya.” Para sahabat bertanya: bagaimana (bentuk.pen) mencuri dari shalatnya?. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjawab: dia tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya.

Orang yang mencuri dari shalatnya adalah orang yang tidak Tuma’ninah dalam shalatnya, tidak menyempurnakan gerakan shalatnya karena terburu-buru. Misalnya ketika Ruku’ dan sebelum tulang punggungnya lurus dia sudah bangkit untuk I’tidal. Ketika dia duduk diantara dua sujud dan tulang punggungnya belum lurus untuk duduk dia sudah sujud lagi.

Jadi Orang yang mencuri dari shalatnya adalah orang yang tidak Tuma’ninah dalam shalatnya. Tuma’ninah contohnya Ruku’ dengan tenang dan menempatkan semua anggota badan pada tempatnya saat ruku’ seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Begitu pula dalam sujud, duduk diantara dua sujud dan I’tidal. Lih. Fatawa Nur ala Ad-Darbi oleh syaikh Ibnu Baz juz.8 Hal.38-39.
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com