SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Masker Muka Yang Mengandung Unsur Emas


Akhwat (Cibinong)
7 years ago

Assalamu'alaikum ustadz,
Teman saya ada yang bertanya apa hukumnya menggunakan Masker muka yang mengandung unsur emas ? Apakah jatuhnya sama dengan memakai ?
Jazakallahu khairan katsir

Wassalamu'alaikum
Redaksi salamdakwah.com
7 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Memakai masker atau krim untuk meminimalkan keriput atau meremajakan sel kulit tidaklah apa-apa dengan syarat:

1. Tidak ada bahaya yang mengiringi penggunaan kosmetik tersebut. Ini berdasarkan dalil:


لَا ضَرَرَ وَلَا ضِرَارَ. أخرجه ابن ماجه رقم 2341. قال عنه الألباني صحيح لغيره


Tidak boleh membahayakan diri sendiri atau pun orang lain. HR. Ibnu Majah no.2341. Albani mengatakan bahwa hadits tersebut Shohih Lighoirihi

2. Tidak ada unsur berlebih-lebihan kala memakainya. Ini berdasarkan keumuman firman Allah ta'ala di surat Al-A'raf ayat 31:


يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ


Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di Setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

Pemakaian masker untuk kecantikan wajah yang terbuat dari bahan yang mengandung emas termasuk dalam perbuatan yang berlebih-lebihan, mengingat dana besar yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan layanan masker tersebut, dan proses pemakaian masker itu kemungkinan besar juga bukan hanya sekali bila ingin mendapatkan hasil optimal. Apabila dikalkulasi niscaya kita akan mendapati nominal yang cukup besar dikeluarkan hanya untuk tujuan itu. Sedangkan di sisi lain masih banyak saudara-saudara kita yang susah untuk mendapatkan makanan sehari-hari, kekurangan dana untuk bersekolah dan lain-lain.


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com