SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bapak yang tidak mau mengakui anaknya


Ikhwan
8 years ago

Assalamualaikum wr wb......ustad mau tanya adakah kewajiban anak berbakti kepada bapaknya yang tidak mengakui kalau itu anaknya. Anaknya sudah mengkonfirmasi kepada bapaknya akan hal itu akan tetapi dia tetap tidak mau mengakuinya.Anak tersebut menanyakan kepada ibu siapakah bapakku? dan siibu menjawab dialah bapakmu setelah dikonfirmasi bapak tersebut mengelaknya atau tidak mau mengakuinya,sampai sampai mereka berantem dan anak tersebut seumur hidupnya tidak diberi nafkah maupun pendidikan yang lainnya. Terima kasih atas jawaban Pak Usatad saya ucapakan terima kasih. Wassalamualaikum wr wb........
Redaksi SalamDakwah
8 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته
seorang anak berkewajiban untuk berbakti kepada orangtuanya yang Syar'i. kalau bapak tadi secara hukum syar'i adalah benar bapak dari anak tersebut maka si anak tetap berkewajiban untuk berbakti meski si bapak mengingkari nasab si anak.

kalau secara syar'i si bapak bukan bapak dari si anak (misalnya anak lahir bukan dalam ikatan pernikahan yang sah meskipun secara biologis dia adalah bapak anak tersebut) maka si anak tidak wajib berbakti kepadanya.

penentuan secara syar'i apakah orang tersebut bapak atau bukan, itu dilaksanakan di mahkamah syar'iyah
lih. http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=56025

wallahu a'lam
© 2020 - Www.SalamDakwah.Com