SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Mahasiswi Syariah Yang Belajar di Lembaga Pendidikan Milik Arab Saudi Mensyaratkan Kepada Calon Suami Penundaan Kehamilan Demi Study


Ikhwan (Bogor)
8 years ago

Bismillaah.

Ada seorang ikhwaan yang akan menikah dengan seorang akhawaat di salah satu lembaga milik Arab Saudi-insyaa Allaah-, kemudian akhawaat tersebut meminta jika menikah dengannya agar tetap mengizinkannya untuk melanjutkan belajar di lembaga tersebut sampai lulus jenjang Syari'ah sekitar 4 tahun ke depan.
Apakah boleh jika sengaja menunda kehamilan sampai akhawaat tersebut lulus belajar di lembaga tersebut?
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

Perlu difahami bahwa memperbanyak keturunan adalah sesuatu yang dianjurkan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam, dalam salah satu riwayat disebutkan:


عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ، قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِنِّي أَصَبْتُ امْرَأَةً ذَاتَ حَسَبٍ وَجَمَالٍ، وَإِنَّهَا لَا تَلِدُ، أَفَأَتَزَوَّجُهَا، قَالَ: «لَا» ثُمَّ أَتَاهُ الثَّانِيَةَ فَنَهَاهُ، ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَةَ، فَقَالَ: «تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ الْأُمَمَ»


Dari Ma'qil bin Yasar, ia berkata; Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu 'alaihi sallam lalu berkata; sesungguhnya aku mendapati seorang wanita yang mempunyai keturunan yang baik dan cantik, akan tetapi dia mandul, apakah aku boleh menikahinya? Beliau menjawab: "Tidak." Kemudian dia datang lagi kedua kalinya dan beliau melarangnya, kemudian ia datang ketiga kalinya lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Nikahkanlah wanita-wanita yang penyayang dan subur (banyak keturunan), karena aku akan berbangga kepada umat yang lain dengan banyaknya kalian.

Akan tetapi, bila ada maslahat yang lebih kuat maka dibolehkan melakukan pengaturan kehamilan (bukan pembatasan) dengan cara-cara yang tidak menyelisihi syariat, dan belajar di lembaga pendidikan yang bagus kadang tidak bisa maksimal ketika seorang mahasiswi hamil dan mengasuh bayi, oleh karena itu, menunda kehamilan demi menuntut ilmu syar'i di lembaga (seperti yang penanya sebutkan) adalah termasuk hal yang membolehkan penundaan kehamilan. Seandainya memiliki anak dan menuntut ilmu syar'i bisa dikompromikan oleh mahasiswi niscaya ini sangatlah bagus, karena mengkompromikan dua kebaikan besar. Diantara dalil yang menunjukkan bolehnya mengatur kehamilan adalah:


عَنْ جَابِرٍ، أَنَّ رَجُلًا أَتَى رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: إِنَّ لِي جَارِيَةً، هِيَ خَادِمُنَا وَسَانِيَتُنَا، وَأَنَا أَطُوفُ عَلَيْهَا، وَأَنَا أَكْرَهُ أَنْ تَحْمِلَ، فَقَالَ: «اعْزِلْ عَنْهَا إِنْ شِئْتَ، فَإِنَّهُ سَيَأْتِيهَا مَا قُدِّرَ لَهَا» ، فَلَبِثَ الرَّجُلُ، ثُمَّ أَتَاهُ، فَقَالَ: إِنَّ الْجَارِيَةَ قَدْ حَبِلَتْ، فَقَالَ: «قَدْ أَخْبَرْتُكَ أَنَّهُ سَيَأْتِيهَا مَا قُدِّرَ لَهَا»


Dari Jabir: Bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam sambil bertanya; "Saya memiliki seorang budak perempuan yang bekerja melayani dan menyirami tanaman kami, saya sering menidurinya, akan tetapi saya tidak ingin jika dia hamil." Lantas beliau bersabda: "Jika kamu mau, lakukanlah azl, namun sekalipun begitu, apa yang ditetapkan Allah pasti akan terjadi juga." Tidak lama kemudian, laki-laki itu datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam lalu berkata; Budak perempuanku telah hamil. Lantas beliau bersabda: "Bukankah Aku telah mengatakan kepadamu, bahwa apa yang telah ditetapkan Allah pasti akan terjadi. HR. Muslim, kitab Al-Haj, bab Hukmu Al-Azl, no.1439

Apabila ikhwan tersebut menyanggupi persyaratan yang diajukan oleh akhwat maka ini harus dipenuhi oleh ikhwan itu ketika akad sudah terjalin, ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam:


أَحَقُّ الشُّرُوطِ أَنْ تُوفُوا بِهِ مَا اسْتَحْلَلْتُمْ بِهِ الفُرُوجَ


"Syarat yang paling patut kalian tepati adalah syarat pernikahan". HR. Bukhari no.2721 dan Muslim no.1418. Lafadz hadits di atas adalah lafadz Bukhari


وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com