SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

miqat umrah


Ikhwan
9 years ago

Assalamualaikum ustadz,

Insya Allah saya berencana untuk beribadah umrah bulan depan dan saya berencana umrah sendiri tanpa melalui travel atau penyelenggara umrah.
Saya ingin bertanya waktu miqat dikarenakan saya berencana akan langsung menuju madinah terlebih dahulu sebelum ke mekkah.
Saya berencana menetap di madinah selama 3 hari lalu lanjut ke mekkah dan saya berencana juga menetap di mekkah selama 3 hari.
Adapun yang saya ingin tanyakan adalah kapan waktu dan dimana saya berihram dan miqat saya apabila saya berencana melaksanakan umrah di hari ke 2 atau ke 3 saya di mekkah ?
Apabila saya berencana melaksanakan umrah di hari yang sama saya sampai mekkah setelah saya miqat dan berihram apakah boleh saya menuju tempat penginapan terlebih dahulu dan mandi baru menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan umrah ?

Wassalamualiakum warrahmatullah wabarakatuh
Redaksi SalamDakwah
9 years ago

و عليكم السلام و رحمة الله و بركاته

Masalah pertama:
Jika umrah anda ini yang pertama maka hendaknya dari madinah anda menuju dzulhulaifah atau yang dikenal dengan bir Ali, anda memulai Ihram dari sana kemudian menuju makkah untuk melakukan Umrah, karena Umrah wajib sekali dalam seumur hidup dan anda dalam keadaan mampu disamping juga anda saat itu anda ingin Umrah maka anda tidak boleh melewati Miqat kecuali dalam keadaan berihram.(lih Majmu’ Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin juz.4 hal.262)

Masalah kedua:
Jika anda sudah berada di mekkah dan ingin melakukan Ihram maka anda keluar menuju tempat terdekat yang halal (bukan tanah haram) kemudian mulai berihram dari sana. Dalilnya perkataan Rasul shallallahu alaihi wa sallam kepada Abdurrahman bin Abu Bakar dalam masalah Aisyah radhiyallahu anha
اخرج بأختك من الحرم فلتهل بعمرة، ثم لتطف بالبيت، فإني أنتظركما ها هنا. متفق عليه (أخرجه البخاري رقم 1560 و مسلم رقم 1211)
Keluarlah kamu bersama saudarimu ini dari tanah suci dan hendaklah Dia ihram untuk 'umrah kemudian melaksanakan Thawaf di Ka’bah. Dan Aku menunggu kalian berdua disini
Berdasarkan hadits ini biasanya orang-orang menuju ke tan’im yang disana terdapat masjid yang diberinama masjid Aisyah kemudian kembali menuju mekkah untuk Umrah.

Masalah ketiga:
Kalau anda sudah dalam keadaan berihram anda boleh pergi ke penginapan untuk kepentingan tertentu kemudian mandi dengan air saja tanpa sabun atau pewangi kemudian pergi ke masjidil Haram untuk Umrah, dan ada riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mandi dalam keadaan Ihram. anda juga boleh berganti baju Ihram saat di penginapan.(lih Majmu’ Fatawa wa Rasail Al-Utsaimin juz.22 hal.144)
Wallahu a’lam
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com