SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Bolehkah Mengerjakan Sebagian Saja Puasa Ayyamul Bidh


Ikhwan (bekasi)
8 years ago

assalamu'alaikum..
Ustadz, ana mau tanya soal puasa ayyamul bit,
Bolehkah hanya di kerjakan 1 atau 2 hari saja.
Syukron.
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago


وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته


Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dianjurkan atas ummat Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah berkata kepada Abu Dzar radhiyallahu anhu:


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «يَا أَبَا ذَرٍّ، إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلَاثَ عَشْرَةَ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَة»1


Rasululullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “wahai Abu Dzar jika engkau berpuasa 3 hari dalam setiap bulan maka berpuasalah pada tanggal 13, 14 dan 15.” HR. Tirmidzi no.761 dan Nasai no.2422 Dan Abu Daud di Musnadnya no.477. Dishahihkan oleh Al-Albani.

Apabila seseorang berniat akan melaksanakan puasa tiga hari sebagaimana yang diperintahkan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam akan tetapi ia terhalang untuk melaksanakannya karena sebab tertentu maka ia tetap mendapatkan pahala puasa yang telah ia jalani. Berikut ini jawaban Syaikh Ibnu Baz untuk pertanyaan semisal:

Pertanyaan:
Saya berpuasa dua hari dari puasa bidh. Saya tidak berpuasa pada hari ketiganya karena ada udzur, apakah dua hari puasa saya dihitung pahalanya?

Jawaban:
Tidak diragukan lagi bahwa Anda mendapatkan pahala dua hari tersebut, apabila Anda berpuasa ikhlas untuk Allah ta'ala, tanpa dicampuri Riya' dan Sum'ah, berdasarkan firman Allah ta'ala:


مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا


Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya…. Al-An’am:160

Dan berdasarkan ayat Al-Qur'an dan nash Hadits yang semakna dengan hal itu. Wallahu Waliyuttaufiq. Majmu' Fatawa Ibnu Baz 15/386


وبالله التوفيق

PERTANYAAN TERKAIT

© 2021 - Www.SalamDakwah.Com