SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Anak Yang Menjadikan Orang Tua Meminta Maaf Kepadanya Apakah Termasuk Durhaka?


Akhwat (Bekasi)
8 years ago

Assalamu'alaikum ustadz, ana ingin bertanya...

ustadz apakah benar orang tua tidak boleh/tidak diperkenankan untuk meminta maaf kepada anaknya walaupun orang tua tersebut telah melakukan kesalahan kepada anaknya atau semisal karena dia tidak bisa memberikan pendidikan yang layak atau yang lainnya. Apakah jika orang tua meminta maaf kepada anaknya kelak itu akan memberatkan hidup sang anak dikemudian hari ? Benarkah ini termasuk kepada kategori anak durhaka karena telah membuat orang tua, terutama ibu meminta maaf kepadanya ? Mohon penjelesannya ustadz..
barakallahu fiik
jazaa kallahu khoyr

wassalamu'alaikum warrah matullah
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Meminta maaf adalah hal yang terpuji dan baik apabila memang orang yang meminta maaf tersebut telah berbuat kesalahan, atau ia meminta maaf kepada sesorang untuk memperbaiki hubungan dengan orang tersebut padahal orang itu lebih besar porsi kesalahannya saat terjadi perselisihan.

Apabila orang tua berbuat salah ke anaknya dan ia meminta maaf atas inisiatif sendiri maka ini adalah sesuatu yang positif dan menjadi pelajaran berharga buat anaknya bahwa mengakui kesalahan dan mementingkan kebenaran adalah hal yang diutamakan meski pelaku kesalahan keduduakannya lebih tinggi dari orang yang berada di pihak yang benar.

Apabila Anak mengingatkan orang tua tentang kesalahan yang diperbuat dengan cara yang bijak, tanpa menggurui dan tanpa merendahkan posisi orang tua maka ini bukanlah suatu kedurhakaan kepada keduanya, karena setiao orang yang salah memang harus dikoreksi supaya ia bisa kembali ke jalan yang benar. Bahkan ini adalah bentuk rasa sayang anak kepada kedua orangtuanya, dia ingin orang tuanya berada di jaan yang lurus.

Seandainya orang tua berbuat salah kepada anaknya, kemudian si anak mengingatkan orang tuanya dengan cara yang tidak baik, dengan cara meninggikan nada bicara atau menggunakan kekerasan supaya orang tua meminta maaf maka ini bisa terasuk kedurhakaan kepada orang tua.

Nasehat kami kepada anak yang orang tuanya meminta maaf kepadanya, seharusnya anak tersebut bangga dan menghargai orang tuanya, serta tetap menjunjung tinggi kedudukan orang tuanya karena ini adalah apa yang Allah ta'ala syariatkan dalam Al-Qur'an dan disyariatkan melalui Rasul-Nya shallallahu alaihi wa sallam.

Ini pun seharusnya menjadi pendorong si anak supaya mudah meminta maaf kepada orang tuanya (dan orang lain secara umum) dan tidak keras hati membela kesalahan pribadi untuk menjaga harga diri yang semu.

وبالله التوفيق
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com