SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Hukum Menghadiri Undangan Makan dalam Perigatan Nyepi


Ikhwan (Mataram)
8 years ago

asslm,,,pak ustat
saya bertanya bagaimana hukumnya kita meghadiri undagan makan-makan dari tetangga beragama hindu yang baru saja merayakan hari raya nyepi ? satu sisi kami bertetangga terkadang juga saling membantu,,, tetapi dalam hal ini(terkait perayaan agama) hati saya tidak nyaman... bagaimana mengambil sikap pak ustad?
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Penganut agama Hindu tidaklah termasuk Ahli Kitab, dan sebelum kita membahas hukum menerima undangan makan-makan dari mereka, kita perlu memahami hukum makanan yang diberikan oleh mereka. Berikut ini kami terjemahkan perkataan Ibnu Abdil Bar yang dinuqil oleh imam al-Qurtubi berkenaan dengan pembahasan kita:
Berkata Abu Umar : dan tidak apa-apa memakan makanan penyembah berhala dan penganut Majusi serta semua orang kafir yang tidak memiliki kitab suci (kitab samawi.pent), selama makanan tersebut tidak termasuk sembelihan mereka dan yang tidak perlu disembelih. Al-Jami' li Ahkam al-Qur'an 2/221 cet, Kedua 1384 H. Dar al-Kutub al-Misriyah.

Ini adalah hadiah makanan yang diberikan oleh orang kafir (yang bukan Ahli Kitab) bukan pada moment-moment tertentu. Apabila hadiah makanan tersebut diberikan pada moment tertentu, diberikan untuk perayaan hari besar keagamaan mereka, maka tidaklah kita dibenarkan untuk memakannya dan menghadiri jamuan yang dikhususkan untuk hal tersebut. Berikut ini kami terjemahkan tulisan Ibnu Taimiyyah:
Jika seorang Muslim diberi hadiah pada hari-hari besar tersebut (hari besar orang kafir.pen), dan ini tidak diberikan di hari-hari lain selain hari besar tersebut maka hadiahnya tidak diterima, apalagi jika hadiah tersebut termasuk hal-hal yang membantu tasyabbuh dengan orang kafir, seperti hadiah lilin dan semisalnya pada hari natal atau hadiah telur, susu dan kambing pada hari kamis kecil saat akhir puasa mereka. Iqtidho’ Ash-Shirot Al-Mustaqim juz.2 hal.12.

Oleh karena itu, Anda dan Keluarga seharusnya menolak dengan baik undangan tersebut. Berikan alasan yang tidak menjadikan mereka tersinggung atas penolakan Anda. Semoga Allah ta'ala memberi hidayah tetangga Anda ang non-muslim tersebut, sehingga ia bisa selamat dan Anda bisa menjalin hubungan dengannya sebagaimana berhubungan dengan muslim lainnya.

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com