SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

mandi junub/mandi wajib


Ikhwan
7 years ago

Mau tanya ustadz..bagaimana caranya mandi junub/mandi wajib apabila sakit,,misalnya setelah operasi telinga,padahal telinga tidak boleh kena air..kemudian bagaimana hukumnya mandi wajib/mandi junub dengan menggunakan shampo dan sabun,bagaimana hukumnya?
Redaksi SalamDakwah
7 years ago

Jawaban soal pertama:
ada pertanyaan yang dilayangkan ke komisi fatwa Saudi, singkatnya jika seseorang wajib mandi besar kemudian dia tidak bisa menyiram air ke kepalanya karena alasan syar’I, apa yang harus dia perbuat?
Jawaban komisi fatwa (terjemah):
Jika seseorang sakit dan air akan membahayakan kepalanya (jika terkena.pen) maka dia hendaknya mandi untuk seluruh anggota badannya (kecuali kepala.pen), ketika selesai dia melakukan tayammum dengan niat (bersuci.pen) untuk kepalanya. Caranya Dia memukulkan kedua telapak tangannya ke debu kemudian membasuh wjah dan kedua tangannya dengan niat ini untuk kepalanya yang tidak terkena air.
Begitu pula jika dokter melarang dia untuk mencuci salah satu tangannya atau kakinya.
(http://alifta.net/fatawa/fatawaDetails.aspx?BookID=5&View=Page&PageNo=3&PageID=855)

Jawaban soal kedua:
Syaikh bin Baz ditanya mengenai penggunaan sabun saat mandi jenabah, beliau berfatwa(terjemahnya):
Tidak apa-apa menggunakan sabun, shampoo atau daun bidara dan semacamnya yang bisa menghilangkan kotoran-kotoran. Semoga Allah memberi taufik untuk semuanya. (http://www.binbaz.org.sa/mat/2310)

PERTANYAAN TERKAIT

© 2019 - Www.SalamDakwah.Com