SALWA RADIO - Menebar Salam, Menyebar Dakwah
Stay in touch with us:

Ada hadits shohih yang menunjukkan bolehnya berdo\\\'a setelah sholat, kenapa tdk boleh mengangkat tangan?


Ikhwan (lenteng agung, jaksel)
8 years ago

assa'lamu'alaikum ust, saya bertanya perihal mengangkat tangan setelah sholat fardhu. dalam sebuah majelis ilmu yg saya hadiri di bahas tentang bahwasanya berdoa dan mengangkat tangan dalam doa tersebut adalah tidak ada contohnya dari Rosulullah. setelah sholat rosul hanya berdzikir saja dengan menghadap kpda para jama'an. lalu bagaimana dengan hadits, yg menyatakan bhwasanya seafdol2nya doa adalah ba'da sholat. klo mmang dmikian berarti kami telah salah karna berdoa dan mengangkat tangan setelah dzikir pda sholat fardu. mohon bimbingannya ust. terima kasih atas jawabannya. jazzakallah kahairan katsiraa.
Redaksi salamdakwah.com
8 years ago

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Mengangkat tangan saat berdo'a adalah termasuk wasilah dikabulkannya do'a, dan berdo'a setelah shalat juga disyariatkan berdasarkan hadits-hadits yang shahih, akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak ada riwayat yang menerangkan bahwa Nabi mengangkat tangan untuk berdo'a setiap selesai shalat.

Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa boleh berdo'a setelah shalat fardhu, namun tanpa disertai mengangkat tangan.

Berikut ini keterangan Komite tetap Fatwa dan Riset Ilmiah di Arab Saudi yang kami terjemahkan:
Berdo’a setelah sholat Fardhu dengan mengangkat tangan tidaklah disunnahkan, baik itu dilakukan oleh imam sendiri atau makmum sendiri atau dilakukan oleh keduanya, bahkan itu adalah Bid’ah, sebab, tidak ada riwayat dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan sahabatnya radhiyallahu anhum (yang menyebutkan hal tersebut.pen).

Adapun berdo’a tanpa mengangkat tangan (kala itu.pen) maka itu dibolehkan karena adanya hadits-hadits yang menerangkan hal itu. Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah l 7/103, Ahmad bin Abdurrozzaq Ad-Duwaisy, Riasah Idarah Al-Buhuts Al-Ilmiah wa Al-Ifta’ Riyadh

وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
© 2021 - Www.SalamDakwah.Com